Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM "Dilepas", Pedagang Roxy Prediksi Android Makin Laris

Kompas.com - 24/10/2013, 14:49 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi BlackBerry Messenger akhirnya bisa digunakan oleh pengguna Android dan iPhone. "Dilepasnya" aplikasi chat yang sebelumnya eksklusif di ponsel BlackBerry ini diprediksi akan memicu peningkatan penjualan ponsel berbasis Android.

"Ramalan" ini diungkapkan sejumlah penjual ponsel di ITC Roxy Mas, Jakarta.

"Saya rasa akan sangat berpengaruh, kemarin saja waktu peluncuran pertama (BBM) jumlah penjualan Android sudah naik. Apalagi sekarang sudah benar-benar resmi, (Android) makin laris menurut saya," kata Diana, karyawan toko Fenomena, di lantai satu pusat perbelanjaan elektronik itu, seperti dikutip dari Antara.

Prediksi serupa dinyatakan Yanti, pemilik toko A&A Celullar di lantai dua ITC Roxy Mas, yang menyatakan peminat ponsel Android akan semakin banyak.

"Menurut saya yang beli ponsel Android akan semakin banyak, karena BBM di Android sebagian besar sudah bisa di-install pengguna," katanya.

Namun, untuk ponsel Apple iPhone yang juga bisa dijalankan aplikasi BBM, Diana memperkirakan tak akan mempengaruhi penjualan ponsel berlogo buah apel ini.

"Kalau menurut saya, penjualan iPhone masih akan stabil, kan produknya tergolong eksklusif dan mahal, jadi orang mikir-mikir dulu kalau beli ponsel ini walaupun ada BBM-nya," katanya. "Berbeda dengan Android yang harganya sangat terjangkau, jadi orang bisa langsung beli waktu tahu BBM sudah bisa di Android."

Seperti diketahui, BlackBerry telah meluncurkan kembali aplikasi BBM untuk iPhone dan Android, pada Selasa (22/10/2013). Aplikasi BBM dapat diunduh dari tautan ini untuk platform iOS dan tautan ini untuk platform Android.

BBM lintas platform hanya bisa berjalan di iPhone dengan iOS versi 6 ke atas dan ponsel Android merek apa pun asalkan telah menggunakan Android 4.0 ke atas (Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean). Aplikasi BBM baru bisa berjalan di perangkat ponsel saja. Artinya, BBM belum bisa berjalan di tablet Android dan iPad.

Pengguna iPhone dan Android dapat memanfaatkan BBM secara gratis untuk mengirim pesan teks, foto, voice note, serta membuat grup diskusi berisi 30 kontak.

Baca juga:
- Resmi, BBM untuk Android dan iPhone Sudah Bisa Diunduh 
- Ini Dia Tampilan BBM di Android 
- 4 Syarat Pakai BBM di Android dan iPhone

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
BlackBerry Messenger di Android dan iOS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com