Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor Galaxy S5 "Susul" iPhone 5S?

Kompas.com - 29/10/2013, 07:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi

KOMPAS.com — Akhir September lalu, Samsung menerangkan soal detail teknis prosesor mobile 64-bit buatannya. Kini muncul kabar bahwa chip tersebut bakal segera memasuki tahapan produksi massal.

Hal tersebut diungkapkan oleh Phone Arena, mengutip pernyataan Samsung pada konferensi pers laporan keuangan per kuartal perusahaan itu.

Disebutkan bahwa begitu sejumlah "persiapan teknis" selesai dilakukan, chip 64-bit itu sudah akan mulai diproduksi pada kuartal ini.

Karena itu, boleh jadi chip tersebut akan datang tepat waktu untuk memperkuat ponsel pintar Galaxy S5 yang bakal meluncur tahun depan.

Jika benar demikian, Galaxy S5 akan "menyusul" iPhone 5S yang telah menggunakan prosesor 64-bit.

Chip ini kemungkinan akan dipasangkan dengan memori DDR4 yang juga sedang disiapkan oleh Samsung.

Prosesor Exynos 64-bit mengusung delapan buah core ARM Cortex-A50 Series. Inti prosesor ini dibangun dengan arsitektur 64-bit ARMv8 yang juga dipakai pada chip Apple A7 di iPhone 5S.

Adapun Galaxy S5 merupakan ponsel flagship generasi berikutnya dari Samsung. Kemunculan ponsel ini kabarnya dipercepat menjadi Januari 2014, dengan peluncuran pada akhir bulan berikutnya karena tekanan dari kompetitor.

Di samping chip 64-bit, Galaxy S5 disinyalir juga akan mengusung fitur lain berupa kamera dengan optical image stabilization dan cangkang dari bahan logam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com