Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditusuk Jarum, PSK Kediri Pingsan

Kompas.com - 29/10/2013, 14:08 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Seorang penghuni lokalisasi Semampir di Kota Kediri, Jawa Timur, pingsan setelah lengan tangannya ditusuk jarum untuk diambil sampel darahnya, Selasa (29/10/2013). Pengambilan sampel darah itu dalam rangka pemeriksaan penyakit menular seksual di kalangan pekerja seks komersial (PSK).

Butuh waktu yang lama untuk menyadarkan PSK tersebut. Akibat kejadian itu, PSK tesebut menjadi bahan olok-olok rekannya. Suasana pemeriksaan pun menjadi gaduh oleh suara tawa. "Kalau ditusuk jarum yang besar saja gak apa-apa," kelakar seorang temannya.

Program pemeriksaan kesehatan ini digelar oleh beberapa lembaga, yakni Komisi Penanggulangan Aids Daerahserta Dinas Kesehatan itu. Kegiatan ini agenda rutin yang diadakan setiap enam bulan.

Pengambilan sampel darah dilakukan di ruang pertemuan Kelurahan Semampir. Sekitar 180 PSK turut serta dalam pemeriksaan yang bersifat wajib itu. "Semua (PSK) harus tes. Kalau tidak ikut tes, ada sanksinya, yaitu dikeluarkan dari kawasan sini," kata Sarji, Ketua RT 29 sekaligus Ketua POKJA Pelayanan Kesehatan di lingkungan itu.

Sekretaris KPAD Kota Kediri, Heri Nurdianto, mengatakan, tes itu bertujuan untuk mengetahui prevalensi penyebaran penyakit AIDS maupun penyakit seksual lainnya. Hasil tes itu tidak bisa secara langsung karena harus menunggu pemeriksaan sampel yang dilakukan di Surabaya.
"Hasilnya dibawa ke Dinas Kesehatan Provinsi (Jawa Timur) sana," kata Heri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com