Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy Tab Anak Dibanderol Rp 3 Jutaan

Kompas.com - 30/10/2013, 08:59 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber MASHABLE
KOMPAS.com — Tablet Samsung Galaxy Tab 3 Kids akhirnya mendapatkan tanggal rilis. Tablet yang didesain untuk anak-anak ini akan beradar di pasar mulai November 2013 mendatang.

Sebenarnya, Samsung sudah memperkenalkan varian terbaru dari Galaxy Tab 3 ini sejak Agustus lalu. Namun, perusahaan asal Korea Selatan tersebut tidak membeberkan tanggal rilis dan harga dari perangkat tersebut.

Dalam pengumuman terbarunya, seperti dikutip dari Mashable, Selasa (29/10/2013), Samsung sudah akan menghadirkan tablet ini di pasar Amerika Serikat mulai 10 November mendatang.

Harga yang dibanderol untuk tablet ini adalah sebesar 299 dollar AS atau sekitar Rp 3,4 juta. Harga tersebut tidak berbeda jauh dari Galaxy Tab 3 7 inci yang dilabeli Rp 3,5 juta di Indonesia.

Samsung mengincar pasaran tersebut setelah mengetahui data mengenai tingginya penggunaan tablet di kalangan anak-anak. Menurut statistik dari Samsung, sekitar 70 persen dari pengguna dewasa berbagi penggunaan tablet dengan anak-anak mereka.

Hadir untuk pasar anak-anak, Samsung mendesain tablet ini semenarik mungkin. Perangkat ini terbungkus cangkang berwarna cerah serta "bumper" di bagian pinggir yang membuatnya mudah digenggam.

Spesifikasi hardware yang diusung tergolong low-end, dengan layar 7 inci 1024 x 600, prosesor dual-core 1,2 GHz, kapasitas penyimpanan 8 GB, kamera utama 3 megapiksel serta kamera depan 1,3 megapiksel.

Sistem operasinya menggunakan Android 4.1 Jelly Bean, dibungkus layer software berupa antar-muka yang "imut" dan toko aplikasi yang khusus menyasar pengguna berusia sangat muda.

Samsung juga membundel sejumlah aplikasi pendidikan, hiburan, dan e-book. Ada pula mode Time Management yang memungkinkan orangtua menetapkan batas waktu pemakaian tablet bagi anak.

Game khusus anak, seperti Fruit Ninja dan Disney's Toy Story: Smash It juga sudah tersedia secara pre-installed di perangkat ini.

Aksesori lain yang melengkapi tablet tersebut termasuk casing dengan pegangan khusus yang bisa difungsikan sebagai kickstand dan stylus bernama "C-Pen" yang dapat dipakai untuk menggambar di layar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MASHABLE

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com