Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti PC, Ponsel Motorola Ara Bisa Ganti Komponen

Kompas.com - 30/10/2013, 10:22 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Motorola Mobility selaku anak perusahaan Google yang membuat perangkat mobile, baru saja memperkenalkan ponsel pintar Ara yang berbasis Android. Ponsel ini mempersilakan pemilik untuk gonta-ganti komponen hardware.

Ara merupakan platform perangkat keras yang sepenuhnya terbuka untuk dimodifikasi. Motorola Ara, mirip perangkat komputer, yang membebaskan pemilik untuk menentukan komponen dari ponsel pintar mereka sendiri.

"Tujuan kami adalah mendorong hubungan yang lebih bijaksana, ekspresif dan terbuka antar pengguna, pengembang, dan ponsel pintar mereka," tulis Google dalam sebuah publikasi di blog resmi perusahaan, Selasa (29/10/2013).

Komponen yang dapat diganti pada ponsel Ara adalah prosesor, RAM, sensor gerak, kamera, hingga baterai. Komponen-komponen ini nantinya didesain dalam bentuk yang sama agar bisa masuk ke dalam ruang yang telah disediakan.

Motorola mengatakan bakal mengundang para pengembang untuk turut mengeksplorasi proyek ini. Konsep gonta-ganti komponen ini sebenarnya umum dilakukan pada perangkat komputer pribadi.

Komponen-komponen di Motorola Ara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com