Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Bisa Ramalkan Putus Cinta

Kompas.com - 30/10/2013, 11:03 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com — Lars Backstrom, profesor dari Cornell University sekaligus pemrogram senior dari Facebook, sedang mengembangkan algoritma yang diklaim bisa secara akurat memprediksi perjalanan cinta pengguna Facebook.

Algoritma dapat mengidentifikasi apakah Anda pasangan yang romantis, siapa yang mungkin menjadi pasangan Anda, bahkan meramalkan kemungkinan kapan Anda putus cinta.

Dahulu, Backstrom adalah manajer yang bertanggung jawab atas penciptaan News Feed di Facebook. Fitur ini merupakan aliran arus informasi berdasarkan apa yang dibagikan teman.

Penelitian dan pengembangan Backstrom kali ini dilakukan terhadap 1,3 juta pengguna Facebook berusia minimal 20 tahun yang dipilih secara acak. Pengguna yang menjadi bahan penelitian memiliki 50 sampai 2.000 teman yang mencantumkan nama pasangan dalam akun mereka.

Salah satu metrik yang diukur disebut dengan "disperson," yang menganalisis hubungan seseorang dengan teman lain. Metrik ini bisa meliputi seberapa sering pengguna melihat profil pengguna lain, menghadiri, dan bertemu di suatu acara, serta pesan yang dikirim.

Selain itu, metrik lainnya adalah apa yang disebut ilmuwan sosial sebagai "embeddedness", yaitu kecenderungan antara teman dekat yang selalu berbagi dan teman yang sama.

Backstrom akan mempresentasikan cara kerja algoritmanya secara detail dalam sebuah konferensi teknologi pada Februari 2014 mendatang. Juru bicara Facebook mengatakan, algoritma ini tidak sedang digunakan untuk fitur News Feed.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com