Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Steve Jobs Dijadikan Situs Historis

Kompas.com - 31/10/2013, 09:33 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BBC
Rumah di Los Altos tempat Steve Jobs dan Setve Wozniak membangun Apple yang dijadikan situs historis

KOMPAS.com — Sebuah rumah tempat pendiri Apple Steve Jobs menghabiskan masa kecilnya dinyatakan sebagai situs historis oleh komisi sejarah kota Los Altos, Senin (28/10/2013) lalu.

Rumah satu lantai yang beralamat di 2066 Crist Drive, Los Altos, California, itu juga menjadi "markas" pertama bagi Apple yang kini telah menjelma menjadi raksasa teknologi.

"Ini adalah sesuatu yang bisa dibanggakan oleh komunitas," ujar staf penghubung komisi sejarah Los Altos, Zachary Dahl, tentang rumah yang pertama kali ditinggali Jobs pada 1968 tersebut, sebagaimana dikutip oleh BBC.

Rumah yang bersangkutan kini masih dimiliki oleh Patricia Jobs yang merupakan adik perempuan dari Steve Jobs, dan kini masih ditinggali oleh ibu tiri Steve.

Christie's
Komputer Apple I yang dilelang oleh Christie's

Segala macam perubahan atau renovasi terhadap properti tersebut kini harus melalui tinjauan komisi sejarah, berkenaan dengan status barunya sebagai situs bersejarah.

Steve Jobs merakit 100 komputer Apple I bersama dengan kawannya sesama pendiri Apple, Steve Wozniak, di ruang tamu dan garasi rumah itu.

Komputer-komputer pertama bikinan perusahaannya tersebut kemudian dijual ke toko Byte Shot di Mountain View seharga 500 dollar AS per unit. Sekarang, Apple I menjadi barang antik yang bisa dijual seharga miliaran rupiah lewat balai lelang ternama.

Apple sendiri kemudian pindah ke Cupertino yang lokasinya berdekatan dan tetap berada di sana hingga kini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com