Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Tembus 1,19 Miliar Pengguna Aktif

Kompas.com - 31/10/2013, 14:26 WIB
KOMPAS.com — Dominasi Facebook di bisnis jejaring sosial global makin tak terbendung. Ditempel ketat oleh para pesaingnya, Facebook alih-alih makin berlari kencang di depan.

Kedigdayaan Facebook ini tergambar dari meroketnya jumlah pengguna layanannya. Pada Kamis (31/10/2013), sambil merilis laporan keuangan kuartal II 2013, Facebook juga membeberkan update terbaru jumlah pengguna aktifnya.

Seperti dikutip dari The Next Web, tercatat dalam bulan September lalu, pengguna aktif bulanan Facebook kini sudah melewati angka 1,19 miliar akun. Dari angka tersebut, 874 juta pengguna di antaranya mengakses Facebook dari perangkat mobile.

Pada bulan yang sama, secara rata-rata Facebook diakses secara aktif oleh 728 juta pengguna per hari, dengan 507 juta pengguna di antaranya merupakan pengakses Facebook dari ponsel dan tablet.

Ini berarti Facebook menikmati peningkatan jumlah pengguna sebanyak 18 persen untuk pengguna aktif bulanan, 25 persen untuk pengguna aktif harian, dan 45 persen pengguna mobile aktif bulanan.

Dari capaian tersebut, angka pengguna mobile-lah yang paling penting untuk Facebook. Mengapa penting? Facebook saat ini merupakan perusahaan publik yang harus membuktikan kepada investor bahwa penggunanya tetap terus mengakses Facebook saat "bergerak" atau dari ponsel/tablet.

Saat ini, pengakses Facebook dari perangkat mobile tercatat sebanyak 73,44 persen dari total pengguna. Tahun 2014 mendatang, jumlah pengakses Facebook melalui perangkat mobile diprediksi bisa mencapai 80 persen dari total pengguna.

Prestasi Facebook meraup pengguna mobile ini bisa dibilang sebagai sebuah prestasi luar biasa untuk perusahaan yang dimulai dari situs jejaring sosial berbasis desktop.

Dari hasil laporan keuangan kuartal ketiga, tercatat laba bersih Facebook naik ke angka 425 juta dollar dari merugi sebesar 59 juta dollar AS, dibanding periode yang sama tahun 2012 lalu.

Keuntungan perusahaan pun naik hampir dua kali lipat, sebesar 621 juta dollar AS dari 311 juta dollar AS dibanding periode yang sama tahun lalu.

Pendapatan (revenue) Facebook meroket sebesar 60 persen menjadi 2,02 miliar dollar AS, dari sebelumnya 1,26 miliar dollar AS. Pendapatan ini sebagian berasal dari iklan, yaitu sebesar 1,8 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com