Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Awal Nexus 5 Sudah Habis

Kompas.com - 01/11/2013, 14:05 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Ponsel flagship terbaru Google, Nexus 5, mendapat respon sangat positif dari para peminat di Amerika Serikat. Menurut pantauan dari beberapa media asing, stok Nexus 5 untuk beberapa model tertentu berulang kali berada dalam status "out of stock" atau habis terjual.

Saat pertama kali dirilis di Google Play Store sekitar pukul 11.00 siang, Kamis (31/10/2013), waktu setempat, semua model Nexus 5 (16 atau 32 GB dalam warna hitam dan putih) berada dalam status "tersedia" dan sudah akan dikirimkan kepada pemesan pada 5 November mendatang.

Namun, status tersebut langsung berubah setelah 2,5 jam kemudian. Seperti dikutip dari Phone Arena, status Nexus 5 16 GB warna hitam berubah menjadi "habis terjual".

Namun, keadaan tersebut tidak berlangsung lama. Beberapa saat kemudian, status Nexus 5 model tersebut kembali berubah menjadi "tersedia". Meski begitu, pemesan baru bisa mendapatkannya paling cepat pada tanggal 8 November.

Uniknya, tidak hanya Nexus 5 16 GB warna hitam saja yang mengalami perubahan tanggal kirim, melainkan semua model. Artinya, Google telah kehabisan seluruh stok awal LG Nexus 5.

Ada kemungkinan, Google menyediakan jatah tertentu untuk pengiriman harian dari perangkat hasil kerjasama dengan LG ini. Apabila jatah harian sudah habis, maka status pengiriman dari perangkat ini akan dipindah ke hari berikutnya, seperti yang terlihat di Google Play Store saat ini.

Stok melimpah

Berapa banyak stok yang disediakan oleh Google bersama dengan LG di batch pertama? Tampaknya cukup banyak. Dalam sebuah gambar bocoran suasana gudang LG Kanada beberapa hari lalu, terlihat ada ratusan kotak, yang berisikan Nexus 5.

Menurut si pengambil gambar, yang dikabarkan sebagai karyawan LG Kanada, kotak-kotak tersebut menampung sekitar 30.000 unit Nexus 5 untuk batch pertama ini. Seluruh unit tersebut nantinya akan didistribusikan ke seluruh wilayah Kanada.

Jika untuk wilayah Kanada saja Google sudah menyediakan 30.000 unit, bukan tidak mungkin perusahaan yang juga raksasa internet ini menyediakan lebih banyak unit di Amerika Serikat.

Nexus 5 sendiri adalah ponsel Nexus 5 pertama yang menggunakan layar Full-HD dan mendukung koneksi jaringan LTE. Ia juga merupakan ponsel pertama yang hadir dengan Android 4.4 KitKat.

Nexus 5 menggunakan layar full-HD 4,95 inci dengan kerapatan piksel 445 ppi. Layarnya dilindungi oleh teknologi Gorilla Glass 3.

Meskipun memiliki layar 4,95 inci, Nexus 5 yang berbobot 130 gram ini tidak terlihat bongsor. Ini semua berkat ukuran bezel yang sangat tipis.

Dari sisi hardware, smartphone ini ditenagai prosesor quad-core 2,3 GHz Qualcomm Snapdragon 800, chip grafis Adreno 330 450 MHz, dan RAM sebesar 2 GB.

Kamera belakang 8 MP dengan fitur Optical Image Stabilization bersama kamera depan 1,3 MP menjadi andalan Nexus 5 untuk urusan foto dan dan video. Fitur baru dari sisi kamera adalah mode HDR+, yang berguna saat pengguna mengambil banyak foto dalam satu waktu.

Google Nexus 5 akan tersedia dalam dua varian storage, 16 GB yang dibanderol sebesar 349 dollar AS dan 32 GB yang akan dijual dengan harga 399 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com