Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ongkos Produksi iPad Air Lebih Murah dari iPad 3

Kompas.com - 07/11/2013, 11:20 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber AllThingsD
KOMPAS.com - Meski memiliki beberapa komponen yang lebih canggih dibanding iPad generasi ketiga, biaya produksi iPad Air ternyata tidak setinggi produk tersebut.

Setelah dibongkar oleh IHS iSuppli, seperti dikutip dari AllThingsD, Rabu (6/11/2013), terungkap ongkos produksi iPad generasi kelima ini berkisar antara 274 dollar AS dan 361 dollar AS, tergantung modelnya.

iPad Air sendiri dijual dengan harga mulai dari 499 dollar AS untuk model terendah (16 GB WiFi only) dan 929 dollar AS untuk model termahal (128 GB WiFi ditambah jaringan seluler LTE).

Total biaya produksi untuk model iPad Air paling murah (sebesar 274 dollar AS) ini dikatakan lebih murah 42 dollar AS dibandingkan iPad generasi ketiga.

Padahal, menurut IHS, ada beberapa perbedaan komponen yang signifikan pada iPad Air dibandingkan dengan iPad generasi ketiga.

Salah satu perbedaan terbesar datang dari segi layar dan komponen layar sentuhnya. Layar iPad Air lebih tipis dan komponen lapisan layar sentuhnya lebih sedikit dibanding dengan iPad generasi sebelumnya.

Total biaya produksi untuk layar dan komponen layar sentuhnya adalah sebesar 133 dollar AS. Secara rinci, 90 dollar AS dihabiskan untuk memproduksi panel layar dan 43 dollar AS untuk bagian layar sentuh.

"Ini jauh lebih mahal dibandingkan (generasi) sebelumnya," kata Andrew Rassweiler, seorang analis dari IHS. "Perusahaan elektronik asal Korea Selatan LG Display dan Samsung diperkirakan sebagai supplier dari layar tersebut".

Jadi, secara total biaya produksi iPad Air memang lebih murah dibanding iPad 3 tapi tidak untuk komponen layarnya. iPad Air bisa lebih murah karena masih menggunakan komponen-komponen lama, selain layar, yang sama dengan iPad 3 dan tentunya harganya saat ini sudah jauh lebih murah.

Di bagian layar sentuhnya, terdapat sensor tipe baru bernama cyclic-olefin polymer yang dilindungi lapisan Gorilla Glass buatan Corning. Apabila biasanya bagian ini terdiri dari dua lapisan kaca, kali ini hanya dibutuhkan satu lapisan saja. Sebagai hasilnya, Apple mampu menghasilkan layar dengan ketebalan 1,8 milimeter, jauh lebih tipis dari iPad 3 yang memiliki ukuran 2,23 milimeter.

Sementara, biaya yang harus dikeluarkan Apple untuk prosesor A7-64 bit adalah sebesar 18 dollar AS. Harga dari prosesor ini dikatakan lebih murah 5 dollar AS dibandingkan prosesor A5 yang ada di iPad 3. Untuk prosesor ini, Apple memesannya ke Samsung.

Untuk masalah chip jaringan, Apple menyerahkannya kepada Qualcomm. iPad Air menggunakan chip seharga 32 dollar AS dari Qualcomm untuk urusan jaringan LTE.

Perkiraan biaya produksi dari IHS ini tidak termasuk biaya pengepakan, dan biaya overhead lainnya, seperti desain, perangkat lunak dan pemasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AllThingsD

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com