Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Baru, BlackBerry PlayBook Hidup Lagi?

Kompas.com - 11/11/2013, 12:01 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Crackberry
KOMPAS.com — PlayBook tampaknya tidak akan menjadi tablet terakhir yang dibesut oleh BlackBerry. Beberapa sumber dari industri memperkirakan bahwa perusahaan asal Kanada ini kemungkinan akan merilis tablet berbasis BlackBerry 10 alias PlayBook 2.

Informasi tersebut didapatkan dari situs Highlight Press, Jumat (8/11/103). Menurut sumber tersebut, seperti dikutip dari CrackBerry, kombinasi antara mundurnya CEO BlackBerry Thorsten Heins dan dana investasi 1 miliar dollar AS yang diterima merupakan satu faktor terkuat di balik prediksi tersebut.

Hingga saat ini, BlackBerry memang sudah merilis perangkat berbasis BlackBerry 10 dalam berbagai bentang layar, dari Z10, Q10, Q5, hingga yang terbaru, phablet Z30. Tablet PlayBook 2 diharapkan mampu menjadi pelengkap ekosistem produk tersebut.

Informasi perihal PlayBook 2 ini sebenarnya sedikit bertentangan dengan strategi BlackBerry ke depannya. Beberapa waktu lalu, BlackBerry pernah mengungkapkan bahwa mereka telah memutuskan untuk tetap berfokus ke bidang enterprise dan mulai mengurangi penawaran perangkat hardware, seperti ponsel pintar dan tablet.

Namun, dengan bergabungnya John Chen, sebagai pemimpin baru BlackBerry, diharapkan strategi tersebut bisa berubah.

Tablet sendiri sebenarnya bukanlah barang baru bagi BlackBerry. Mereka pernah merilis sebuah produk bernama PlayBook. Namun, produk tersebut tidak begitu laris di pasaran.

Lihat saja pada tahun 2011 lalu. Di akhir tahun tersebut, BlackBerry hanya berhasil mengirim 200.000 unit perangkat dengan sistem operasi QNX ini ke pasaran atau meleset 300.000 unit dari perkiraan. Sementara, pengiriman PlayBook pada kuartal pertama 2013 dilaporkan hanya 100.000 unit saja.

Tidak dijelaskan berapa persisnya jumlah tablet PlayBook yang benar-benar terjual karena BlackBerry hanya memberikan angka pengiriman.

BlackBerry sendiri sebelumnya pernah membuat rencana untuk menghadirkan BlackBerry 10 ke PlayBook. Sayangnya, rencana tersebut tidak pernah tercapai. Hardware dari tablet ini dianggap kurang memenuhi persyaratan sehingga akhirnya BlackBerry membatalkan rencana tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crackberry
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com