Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara agar Tidak Tekor Pulsa di Luar Negeri

Kompas.com - 11/11/2013, 14:53 WIB
Deliusno

Penulis


KOMPAS.com — Apa yang biasanya Anda persiapkan sebelum pergi ke luar negeri? Kebanyakan dari Anda mungkin akan menjawab pakaian, menukar uang ke kurs negara yang dituju, atau tiket pesawat.

Ketiga hal tersebut memang sangat penting. Namun, ada satu hal lagi yang sebaiknya jangan dilupakan, yaitu kegiatan berkomunikasi dengan keluarga atau tetap eksis di sosial media.

Kegiatan tersebut tentunya dapat mudah dilakukan dengan menggunakan ponsel. Saat ini, ponsel yang ada biasanya telah mendukung jaringan yang sama di seluruh dunia sehingga Anda tidak perlu membeli ponsel baru lagi.

Namun, menggunakan kartu SIM dari operator lokal biasanya menghasilkan tarif yang cukup tinggi.

Nah, berikut beberapa tips singkat dan mudah agar kegiatan berkomunikasi via ponsel tidak membuat Anda tekor, seperti dikutip dari Business Insider.

1. Pelajari tarif "roaming"

Harga tarif menelepon, SMS, dan internet-an dari luar negeri (roaming) tentu berbeda pada saat aktivitas tersebut dilakukan di dalam negeri. Biasanya, harga ini bisa meningkat hingga berkali-kali lipat.

Meningkatnya harga tersebut disebabkan operator lokal biasanya tidak memiliki infrastruktur jaringan di luar negeri. Oleh karena itu, mereka harus "menyewa" atau bekerja sama bersama dengan operator lokal untuk menghadirkan layanan.

Oleh karena itu, pelajari dulu harga roaming dari tiap operator. Jika tidak ingin berganti operator dari yang digunakan sekarang, sebaiknya tetapkan budget menelepon, SMS, dan ber-internet.

Operator Indonesia sendiri sudah banyak menawarkan paket roaming dengan harga yang sangat terjangkau, bahkan gratis. Sebagai contoh, operator XL Axiata menawarkan paket data roaming secara gratis di beberapa negara tertentu selama beberapa hari saja.

Jika harus membayar pun, biasanya operator lokal sudah menyediakan paket roaming dengan tarif yang sangat terjangkau.

2. Ganti kartu SIM dengan operator luar negeri

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menggunakan kartu dari operator negara asal terkadang dapat membuat tagihan ponsel Anda membengkak. Anda bisa saja membeli paket roaming dari operator lokal.

Namun, jika merasa tarifnya masih cukup mahal, Anda bisa menggunakan kartu SIM lokal dari negara yang dituju. Tidak usah khawatir akan dukungan jaringan karena biasanya ponsel yang banyak beredar belakangan ini sudah mendukung jaringan yang sama dari seluruh dunia.

Sebaiknya, beli kartu SIM pre-paid agar Anda bisa memperkirakan dana yang akan dipakai untuk berkomunikasi. Keuntungan lainnya, kartu jenis ini biasanya dijual secara bebas di toko serba ada atau outlet-outlet yang ada di bandara.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com