Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Mewah Pamerkan Teknologi Google

Kompas.com - 14/11/2013, 07:15 WIB
Namira Daufina

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com — Sebuah kapal mewah berdesain kaca dan baja bersandar di pelabuhan teluk San Francisco. Ternyata, itu sebuah ruang pameran teknologi milik Google.

Seperti dikutip dari The Verge, izin berlabuhnya kapal mewah ini dilakukan oleh perusahaan By dan Large LCC. Kapal tongkang ini disebut sebagai sebuah studio dan ruang pameran teknologi sementara yang akan mampu menarik perhatian turis di sepanjang tepi laut.

Hal ini mencoba meluruskan spekulasi sebelumnya yang menyatakan kapal itu adalah Data Center Google di atas laut ataupun toko penjualan Google Glass.

By dan Large sendiri diasumsikan memiliki keterkaitan dengan Google. Perusahaan teknologi itu telah mengakui rencana penggunaan kapal tongkang sebagai ruang pamer teknologi terbaru.

Ruang pameran di kapal teknologi ini menjadi tempat bertemu dan terhubungnya organisasi lokal dengan para tamu untuk mendapatkan gambaran tentang teknologi dengan cara yang berbeda.

Kapal kaca dan baja yang terbuat dari kontainer bekas dan dikelilingi oleh layar yang menyerupai sirip ikan ini terlihat berbeda dan menonjol dibanding kapal tongkang standar pada umumnya di pelabuhan itu.

Desain kapal teknologi ini dibuat oleh sepasang perusahaan arsitektur kelas internasional yang juga telah mendesain Terminal 2 Bandara Internasional San Francisco dan LOT-EK New York.

Kapal tongkang kaca ini memiliki tinggi 50 kaki dengan panjang 250 kaki. Dengan luas seperti itu, kapal ini diperkirakan sanggup menampung hingga 1.000 pengunjung dalam sehari.

Selain itu, kapal ini juga dilengkapi dengan 50 kamera keamanan yang membuat segala aktivitas di dalam kapal teknologi ini akan terekam.

Bukan yang pertama

Google mengatakan akan menggunakan kapal tongkang sebagai ruang interaktif di mana orang-orang dapat mempelajari tentang teknologi baru. Namun, ini adalah rencana awal yang mungkin akan berubah pada masa datang.

Kehadiran pertama adalah sebuah kapal tongkang mewah di Portland, Maine, pada 11 Oktober 2013. Baru setelahnya terlihat kapal serupa di teluk San Francisco.

Perhentian selanjutnya, kapal ini akan merapat ke Fort Mason, sepanjang Angel Island, Redwood City, dan Rosie The Riveter Historical National Park di Richmond. Masa singgah di masing-masing lokasi selama sebulan.

Rumor sebelumnya, kapal dari kaca ini digunakan sebagai toko terapung untuk Google Glass. Melihat desainnya yang penuh kaca mungkin saja ini cara lain Google mendekatkan Google Glass kepada publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com