Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Incar Snapchat, Google Siapkan Rp 46 Triliun

Kompas.com - 18/11/2013, 09:52 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Setelah beredar kabar Facebook akan membeli Snapchat, kini muncul rumor Google juga berencana membeli aplikasi photo messaging ini.
 
Kabar ini didapat dari pendiri Om Malik, pendiri situs teknologi GigaOm, yang mem-posting di akun Twitter-nya, Kamis (14/11/2013).
 
Sementara dikutip dari Valleywag, Google diberitakan menyiapkan dana 4 miliar dollar AS (sekitar Rp 46 triliun) untuk membeli Snapchat. Angka tersebut lebih tinggi dibanding tawaran Facebook, 3 miliar dollar AS. 
 
Menurut sumber Valleywag, Tencent adalah perusahaan teknologi pertama yang melakukan penawaran kepada Snapchat. Menurut Tencent, kala itu CEO Evan Spiegel memberinya penawaran yang terlalu tinggi.
 
Spiegel kemudian menawarkan Snapchat kepada Facebook dan Google di waktu yang berdekatan. Kepada Google, Spiegel menyebutnya sebagai "investasi yang strategis." Google sendiri tertarik karena penawaran yang dilakukan Tencent.
 
Walau Google dikabarkan telah menyetujui persyaratan dari Snapchat, tetapi Spiegel mengambil langkah untuk menahan kesepakatan.
 
Ada spekulasi yang mengatakan bahwa penundaan ini terkait dengan jumlah snap (posting-an) yang bisa mendongkrak nilai Snapchat. Trafik Snapchat diprediksi akan meningkat menjadi 400 juta snap per hari di musim dingin. 
 
Jika angka 400 juta itu terlampaui, maka Snapchat berhasil melampaui jumlah foto yang diunggah ke Facebook tiap hari. Dengan demikian, Spiegel bisa dengan mudah menaikkan harga jual Snapchat lebih mahal lagi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com