Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Caplok Pembuat Kinect Xbox?

Kompas.com - 18/11/2013, 14:28 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Apple dikabarkan telah mengakuisisi perusahaan 3D Sensing, Primesense. Promesense adalah produsen semikonduktor asal Israel yang bekerja sama dengan Microsoft mengembangkan sensor Kinect pertama kali untuk Xbox 360.

Belakangan, Microsoft mengembangkannya sendiri.

Kabar ini ditulis oleh AllthingsD yang mengutip dari surat kabar Israel, Calcalist pada Minggu (17/11/2013). Dalam pemberitaannya, Calcalist menyebut angka 345 juta dollar AS yang disiapkan Google untuk mengakuisisi PrimeSense.

Sebenarnya, kabar akuisisi PrimeSense oleh Apple ini sudah berhembus sekitar satu tahun lalu. Saat itu Apple menawarkan 280 juta dollar AS kepada perusahaan spesialis sensor 3D tersebut.

Menurut sumber yang bisa dipercaya, pembicaraan ini sudah mencapai kata final, hanya terkendala masalah likuiditas. Diharapkan semua urusan telah selesai di akhir minggu ini.

PrimeSense menjadi suplier pertama untuk perangkat game Xbox One. Dengan menggunakan kamera dan sensor kedalaman bidang, perangkat ini bisa mendeteksi gerakan pemain dalam mengontrol game dengan gerak tubuhnya. Namun kini Microsoft menggunakan teknologinya sendiri untuk Kinect dalam Xbox One.

Dahulu, sensor yang dibuat PrimeSense berukuran besar. Namun kini perusahaan telah membuatnya menjadi lebih ramping sehingga bisa dipasang di gadget-gadget kecil.

Jika akuisisi ini jadi, sensor gerak buatan PrimeSense bisa digunakan di beragam produk Apple, termasuk wearable gadget dan televisi. Namun, Apple belum memberi penjelasan akan dipakai dimana saja sensor tersebut.

Dalam pernyataan resminya, PrimeSense mengatakan bahwa mereka fokus pada pengembangan teknologi 3D ke beragam pasar, termasuk interactive living room dan perangkat mobile. "Kami tidak mau berkomentar soal apa yang akan dilakukan oleh rekanan, konsumen, atau calon konsumen potensial kami," terang mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com