Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Cetak Sedunia Tak Kuasa Kalahkan Google

Kompas.com - 19/11/2013, 10:36 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Untuk sebuah perusahaan yang "tidak memiliki produk", prestasi Google sangat luar biasa. Google selama ini hanya menjual layanan yang hampir semuanya gratis. Layanan-layanan tersebut telah membawa kita ke era konektivitas baru.

Lalu dari mana Google mendapatkan keuntungan? Iklan memang menjadi menjadi sumber pendapatan utama Google. Bahkan, bisnis iklan Google sudah kelewat besar. Business Insider dalam halaman web-nya mengibaratkan bisnis Google sudah susah untuk dihitung.

Tahun lalu saja perusahaan teknologi yang dinakhodai Larry Page itu membukukan pendapatan hingga 60 miliar dollar AS. Pendapatan itu baru berasal dari bisnis iklan Google saja.

CEO Business Insider, Henry Blodget, dalam presentasinya di ajang Ignition 2013, Selasa (12/11/2013), mengatakan bahwa bisnis iklan Google sudah mendekati gabungan pendapatan di koran dan majalah di seluruh dunia.

Dikatakan oleh Blodget, pendapatan Google sepanjang 2012 saja sudah mendekati jumlah pendapatan semua majalah di tahun 2007. Hal tersebut juga disebabkan karena bisnis iklan di media cetak juga mulai menurun.

Blodget juga meramalkan bahwa tak butuh waktu lama bagi Google untuk menyamai pendapatan majalah di seluruh dunia atau malah melampaui.

Iklan memang menjadi andalan Google dalam mencari pendapatan. Layanan gratisnya yang banyak digunakan pengguna internet di seluruh dunia menjadi tempat menarik bagi pengiklan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com