Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komputer Mini Raspberry Pi Terjual 2 Juta Unit

Kompas.com - 21/11/2013, 13:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Penjualan perangkat komputer mini Raspberry Pi berhasil menembus angka dua juta. Pertumbuhan menuju angka 2 juta juga ternyata membutuhkan waktu lebih cepat dibanding saat 1 juta pertama terjual.

Dikutip dari PCWorld, Liz Upton, juru bicara Raspberry Pi mengatakan, "Butuh waktu satu tahun bagi kami untuk menjual satu juta Raspberry Pi." Dengan dasar data tersebut, Raspberry Pi memprediksi baru bisa menjual dua juta unit pada Februari 2014 nanti.

"Namun kami terkejut saat melihat angka penjualan akhir minggu, pada Sabtu (16/11/2013) lalu ternyata telah melampaui dua juta unit," imbuh Liz.

Raspberry Pi adalah micro-computer yang dijual dengan harga 35 dollar AS. Komputer barebone murah ini dibuat untuk para pehobi yang doyan atau belajar mengutak-atik kode pemrograman.

Selain itu, komputer seukuran kartu kredit ini juga bisa dijadikan sebagai platform media-streaming dan gaming

Spesifikasi yang dimiliki Raspberry Pi model B menggunakan chip BroadCom BCM2835 SoC (System on Chip) 700 MHz, GPU VideoCore 4 dengan output video 1080p, 2 port USB, output HDMI, slot SD card, dan ethernet 10/100 MB.

Kehadiran Raspberry Pi juga melahirkan eksistem aplikasi mereka sendiri, selain custom software dan aksesori lainnya. Salah satu contohnya yang baru diluncurkan adalah monitor HDMIPi dengan resolusi layar HD 720p ukuran 9 inci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com