Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Markas Besar Nokia Akan Diambil Alih Microsoft

Kompas.com - 22/11/2013, 11:48 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber TechCrunch
KOMPAS.com — Nokia akan segera angkat kaki dari markas besarnya di Espoo, Finlandia. Langkah ini diambil begitu proses akuisisi unit Perangkat dan Layanan milik Nokia oleh Microsoft selesai dilaksanakan.

Sekitar 32.000 karyawan Nokia yang tidak ditransfer ke Microsoft akan pindah ke kantor lain di wilayah Karaporrti, Finlandia.

Menurut Nokia, sebagian besar karyawan di Espoo adalah divisi Perangkat dan Layanan, maka gedung legendaris tersebut akan menjadi salah satu kantor cabang Microsoft. Transisi tersebut diharapkan sudah selesai pada kuartal pertama 2014.

Menurut Nokia, seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat (22/11/2013), karyawan Nokia yang lain akan dipindahkan ke gedung milik Nokia lain, tak jauh dari Espoo.

Gedung yang sebelumnya adalah kampus milik Nokia sendiri tersebut saat ini masih sedang direnovasi. Semua persyaratan yang dibutuhkan akan diselesaikan Nokia sebelum perpindahan personel.

Kantor Nokia di Espoo didirikan Nokia pada saat jayanya, di tahun 1990-an. Kala itu Nokia sangat kokoh di pasar ponsel dunia. Gedung berlapis kaca ini juga menjadi simbol kejayaan industri teknologi di Finlandia.

Microsoft telah mengumumkan bahwa Finlandia akan menjadi markas divisi Research & Development produk ponsel pintar mereka.

"Kami hanya ingin meneruskan pekerjaan yang telah dilakukan selama ini, dan tidak ingin memindahkannya ke tempat lain," ujar CEO Microsoft Steve Ballmer saat pengumuman akusisi pada September lalu.

Dikutip dari Bloomberg (21/11/2013), para pemegang saham Nokia pada minggu ini telah setuju untuk melepas unit Device Nokia ke Microsoft senilai 7,3 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com