Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TemanDev Jadi Akselerator Pengembang Aplikasi

Kompas.com - 25/11/2013, 10:21 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan telekomunikasi Telkomsel sejak pertengahan 2013 meluncurkan program Telkomsel Application Developer (TemanDev). Ini merupakan program akselerator yang membantu pengembang aplikasi lokal dalam memasarkan aplikasinya.

TemanDev mengintegrasikan layanan Telkomsel dengan aplikasi lokal yang diajak kerjasama. Integrasi tersebut termasuk fasilitas potong pulsa untuk pembelian aplikasi dan konten digital.

Head of Mobile Apps Developer Telkomsel, Dito Respati mengatakan, fasilitas potong pulsa menjadi solusi bagi pengguna ponsel dan tablet di Indonesia yang tidak memiliki kartu kredit untuk membeli konten digital.

“Penetrasi kartu kredit di Indonesia tidak sampai 20 persen, sementara penetrasi seluler mencapai 120 persen,” kata Dito saat ditemui KompasTekno di Jakarta, Jumat (22/11/2013).

Selain itu, Telkomsel juga akan mempromosikan aplikasi yang diajak kerjasama melalui saluran digital Telkomsel, termasuk lewat akun media sosial, iklan digital, hingga SMS langsung ke pelanggan Telkomsel. “TemanDev menjadi akselerator bagi teman-teman developer yang mau tes pasar, dan menghasilkan uang dari dalam negeri,” tegas Dito.

Jika ada aplikasi atau konten digital yang terjual, maka pengembang mendapatkan hak 75 persen dan Telkomsel sebanyak 25 persen.

Sejauh ini, ada 40 pengembang dengan 68 aplikasi yang tergabung dalam TemanDev. Dari jumlah tersebut, sebanyak 90 persen aplikasi dibuat untuk platform Android, selebihnya adalah aplikasi Windows Phone dan BlackBerry.

Telkomsel membuat toko aplikasi online sendiri untuk menjual aplikasi Android melalui metode potong pulsa. Sementara untuk aplikasi Windows Phone dan BlackBerry, fasilitas potong pulsa Telkomsel telah terintegasi dengan toko aplikasi resmi kedua platform tersebut.

Pengembang yang hendak bergabung cukup masuk ke situs web resmi TemanDev, lalu mengisi formulir yang telah disediakan. Tim TemanDev akan menanggapi formulir tersebut paling lambat 14 hari setelah pengajuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com