Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Mau Android Saingi Windows

Kompas.com - 25/11/2013, 21:22 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Android dan Windows memiliki ekosistem yang berbeda. Selama ini Windows lebih unggul di ranah PC dan notebook, sementara Android di segmen mobile. Mungkinkah Android menyaingi Windows di segmen PC?
 
Jika ada yang meragukan Android bisa menyaingi Windows, maka kini saatnya menghapus keraguan tersebut, karena Intel berniat menjadikan sistem operasi Android setara dengan Windows.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Kirk Skaugen, General Manager PC Client Group Intel. Skaugen berbicara dalam pertemuan dengan investor pada Kamis (21/11/2013).
 
Dikutip dari CNet, Skaugen mengatakan bahwa dalam satu dekade belakangan ini, fokus Intel untuk pasar PC adalah Microsoft. "Namun kami mulai melihat peluang di emerging market, permintaan Android sangat tinggi." imbuh Skaugen.
 
Menurutnya, banyak aplikasi Android yang dibuat untuk smartphone, atau dalam modus portrait. Beberapa di antaranya tidak tersedia di modus landscape, sehingga pengguna tidak bisa memakainya di perangkat berlayar lebar, seperti notebook atau PC all-in-one.
 
"Karena itu kami ingin Android tersedia dalam 64-bit," terang Skaugen. Intel ingin Android bisa berjalan mulai dengan prosesor low end Atom, hingga keluarga Core yang high-end. Skaugen mengatakan Intel ingin menyajikan Android di layar yang lebih lebar, dan mendukung multi-window. Namun demikian, Intel belum berencana untuk membawa Android ke PC kelas enterprise.
 
Mungkinkah tak lama lagi kita bakal melihat PC, notebook, dan PC All-in-One yang mengususng sistem operasi Android?
 
Sekedar catatan, saat ini Dell memiliki perangkat tablet Venue 8 yang ditenagai oleh prosesor Intel Atom dan berjalan dengan Android 4.2.2 (Jelly Bean).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com