Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Mirip Komputer Mac Laku Rp 21 Miliar

Kompas.com - 26/11/2013, 11:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Kamera Leica M rancangan Jony Ive

KOMPAS.com — Kamera rangefinder Leica M hasil rancangan kepala desain Apple, Jony Ive, laku terjual seharga 1,8 juta dollar AS atau sekitar Rp 21 miliar dalam sebuah lelang yang diselenggarakan balai lelang Sotheby's, Minggu (24/11/2013).

Kamera yang tak ada duanya alias merupakan model satu-satunya di dunia itu sekilas terlihat mirip dengan komputer Mac rancangan Ive, sederhana dan "bersih", serta dibuat dari satu blok aluminium utuh.

Ive bekerja sama dengan desainer industri Marc Newson yang juga sobat lamanya dalam mewujudkan perangkat langka tersebut. Sebanyak 561 buah purwarupa awal sempat dibikin sebelum akhirnya sampai pada desain final. Sebanyak 50 teknisi terlibat dalam proses pembuatan yang berlangsung selama 270 hari.

"Ada banyak tantangan dalam menggubah rancangan (kamera ini)," ujar direktur manajemen produk Lecia, Stefan Daniel, pada PC Magazine. Dia menyebut hasil akhirnya sebagai produk yang "benar-benar istimewa".

Leica M rancangan Ive sengaja dibuat untuk dijual melalui lelang dalam rangka mengumpulkan dana untuk yayasan (RED) asuhan Bono, vokalis band U2. Sebanyak 44 item turut dijual dalam lelang, termasuk kamera ini dan sebuah komputer Mac Pro berwarna merah.

Total dana yang berhasil dikumpulkan berjumlah 26 juta dollar AS setelah ditambah oleh donasi dari Yayasan Bill dan Melinda Gates. Uang itu akan digunakan untuk memerangi penyakit AIDS, tuberkulosis, dan malaria.

Meski berharga selangit, kamera rancangan Ive bukanlah yang termahal di dunia. Predikat itu dipegang oleh sebuah kamera prototipe O-Series—juga buatan Leica—yang terjual 2,79 juta dollar AS pada Mei 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com