Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Kalah Tenar dari iPhone di Jepang

Kompas.com - 27/11/2013, 12:32 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Samsung memang terlihat dominan di industri smartphone global. Namun, perusahaan asal Korea Selatan ini ternyata tidak mampu berbicara banyak di negara Jepang.

Menurut media The Korea Herald, produk-produk buatan Samsung mulai sepi peminat di Negeri Matahari Terbit. Para penduduk lokal lebih memilih produk buatan Jepang, seperti Sony, Pantech, dan bahkan Sharp.

Menurut survei dari Strategy Analytics, seperti dikutip dari Phone Arena, Rabu (27/11/2013), perusahaan raksasa elektronik ini hanya berhasil menjual satu juta unit perangkat dari portofolio produknya pada periode Juli hingga September 2013 lalu.

Jumlah penjualan tersebut menurun dari 1,9 juta unit di kuartal 4 2012 dan 1,3 juta unit pada kuartal I 2013.

Pangsa pasar yang berhasil diraih oleh Samsung berkat hasil penjualan di kuartal ini adalah sebesar 9,9 persen.

Selain lebih menyukai produk-produk lokal, warga Jepang dikabarkan lebih tertarik untuk membeli iPhone seri terbaru. Apple dikabarkan berhasil menjual 3,8 juta unit (sebesar 38,1 persen pangsa pasar) iPhone 5S dan iPhone 5C.

Sony berada satu peringkat di belakang Apple. Perusahaan asal Jepang ini menjual 1,9 juta unit perangkat di periode tersebut atau pangsa pasar sebesar 18,9 persen.

Sementara, Sharp mampu sedikit lebih unggul dari Samsung dengan berhasil memasarkan 1,1 juta unit perangkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com