Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sah, BBM Jadi Fitur Standar di Android Murah

Kompas.com - 27/11/2013, 12:59 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR
Ilustrasi.

KOMPAS.com — Penjualan ponsel BlackBerry menunjukkan kecenderungan terus menurun dari tahun ke tahun, tetapi hal sebaliknya terjadi pada layanan chatting BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android dan iOS yang ternyata sangat populer di kalangan pengguna kedua platform tersebut.

Untuk lebih jauh mendorong penyebaran BBM, langkah selanjutnya dari BlackBerry adalah menyertakan aplikasi chatting tersebut pada ponsel-ponsel Android murah.

Dikutip dari BGR, Selasa (26/11/2013), BlackBerry mengumumkan ditandatanganinya kerja sama dengan sejumlah produsen dan brand peranti Android low-end untuk menghadirkan BBM sebagai fitur standar (pre-install) pada produk masing-masing.

Para produsen ini termasuk Micromax, Brightstar, Celkon, TiPhone, Mito, S-nexian, dan Evercoss dengan wilayah pemasaran di Afrika, India, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Indonesia. Rencananya BBM sudah akan hadir di perangkat-perangkat besutan mereka mulai Desember mendatang.

Dalam pengumuman di situs resmi BlackBerry, Chief Marketing Officer Evercoss Janto Djojo mengatakan bahwa BBM telah lama menjadi aplikasi instant messaging populer di Indonesia. "Karena itu BBM cocok untuk perangkat-perangkat kami," ujarnya.

Akhir Oktober lalu, Evercoss yang merupakan salah satu brand perangkat Android lokal Indonesia telah ditunjuk menjadi mitra resmi BBM.

BBM untuk Android resmi dirilis pada 22 Oktober lalu, setelah sempat tertunda karena persoalan teknis. Aplikasi ini juga tersedia melalui toko aplikasi App Store untuk perangkat-perangkat iOS dari Apple. Dalam waktu hanya satu minggu, pengguna BBM di kedua platform kompetitor BlackBerry itu dilaporkan menembus angka 20 juta orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com