Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencicipi Masakan "Mbah Google" di Senayan

Kompas.com - 28/11/2013, 12:40 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Pintu masuk menuju

KOMPAS.com - Bukan kantor Google namanya kalau tidak menyediakan kantin dengan makanan gratis. Hal ini pun bisa ditemui di kantor Google Indonesia yang berlokasi di bilangan kawasan Senayan Jakarta, tepatnya di gedung Sentral Senayan II, lantai 28

Di markas Google Indonesia yang dikunjungi Kompas Tekno hari Rabu (27/11/2013) kemarin itu, para karwayan bisa pergi makan ke kantin yang bernama "Warung Mbah Google". Nama yang menarik perhatian tersebut sengaja dipilih karena mencerminkan kebiasaan pengguna Google Indonesia.

"Kita sering dengar para pengguna internet Indonesia berkata 'tanya saja sama Mbah Google' ketika mencari informasi," ujar seorang staf Google di lokasi. Jadilah istilah itu resmi digunakan sebagai nama kantin Google Indonesia, seperti halnya "Goopitiam" Google Singapura yang mengacu pada warung kopi khas negara tersebut.

Begitu melangkah masuk, nyatalah bahwa tampilan kantin Google Indonesia jauh dari kesan sederhana meski disebut sebagai "warung". Beberapa macam alat dapur elektronik seperti coffee maker dan microwave bisa ditemui di sini, di samping peralatan makan berupa piring, pisau, garpu, dan sendok.

oik yusuf/ kompas.com
Meja prasmanan yang menampung buffet makan siang

Rancangan Warung Mbah Google terlihat ceria dan segar, seperti suasana keseluruhan di kantor tersebut, dengan ubin dan bata tembok beraneka bentuk, warna-warna cerah, dan furniture modern. Pemandangan kota Jakarta di balik kaca-kaca jendela berukuran besar melengkapi pengalaman pengunjung kantin.

Makanan disajikan secara prasmanan dengan meja besar di bagian tengah yang menampung buffet makan siang. Semuanya tersedia gratis, termasuk aneka macam minuman dari lemari pendingin yang terletak berdekatan dengan meja. Beberapa meja dan kursi tempat makan disusun di sekitar meja buffet.

oik yusuf/ kompas.com
Chef Google menyajikan makan siang

Juru masak kantin ini pun ternyata bukan kakek-kakek atau nenek-nenek seperti yang mungkin terkesan dari namanya, melainkan seorang koki profesional. Menu makan siang diganti-ganti setiap hari agar tidak bosan. Hari itu, kantin menyajikan sayur bayam bening, bihun goreng, rolade daging, ikan bakar, tumis sayur, dan asinan Jakarta.

Tak ketinggalan jajanan pasar tradisional dengan pelengkap parutan kelapa, berikut irisan berbagai macam buah sebagai pencuci mulut.

Rasa makanannya sudah barang tentu cocok dengan selera Indonesia. Menurut Kompas Tekno, menu yang ada diracik dengan bumbu yang cukup terasa, termasuk asinan dan sambal yang ternyata lumayan pedas.

Di sebuah pojokan terdapat rak kayu kecil yang menampung beberapa wadah makanan warna-warni berisi aneka macam snack ala Indonesia, seperti keripik pisang, manisan buah, bahkan arum manis alias gula-gula kapas diapit dua kerupuk renyah.

oik yusuf/ kompas.com Rak penampung wadah snack

"Untuk snack, akan terus di-refill dan tersedia selama 24 jam untuk mereka yang lama bekerja di kantor," terang Country Head Google Indonesia Rudy Ramawy.

Dia mengatakan bahwa Google memang selalu menyediakan makan siang gratis di semua kantornya agar para karyawan tak dipusingkan oleh urusan perut dan bisa berpikir dengan lebih kreatif.

Sesuai dengan filosofi Google, semua hal di kantor dilaksanakan secara self service. Mengambil makanan harus dilakukan sendiri, begitupun dengan mengembalikan  piring kotor ke tempat yang sudah disediakan. Ini pula sebabnya, di tempat itu tak ada office boy yang bisa diminta membuat kopi atau membeli makanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com