Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon CEO Microsoft Mengerucut Dua Nama

Kompas.com - 29/11/2013, 13:35 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Bloomberg
KOMPAS.com - Dewan direksi Microsoft sedang mencari orang yang tepat untuk duduk di posisi CEO menggantikan Steve Ballmer yang memutuskan pensiun. Setelah melakukan diskusi, dewan direksi telah mempersempit pilihan kepada dua orang calon kuat.

Beberapa sumber yang akrab dengan rencana tersebut mengatakan kepada Bloomberg, dua calon kuat tersebut adalah Alan Mulally yang saat ini menjabat CEO Ford Motor, dan Satya Nadella yang kini bekerja sebagai Wakil Presiden Eksekutif untuk Produk Komputasi Awan dan Perusahaan di Microsoft.

Sementara itu, dua calon lain yang sebelumnya dijagokan, dianggap kurang cocok untuk memimpin Microsoft. Keduanya berasal dari dalam perusahaan Microsoft, yaitu Kepala Pengembangan Bisnis Microsoft, Tony Bates dan mantan CEO Nokia, Stephen Elop.

Pada Agustus 2013, CEO Microsoft Steve Ballmer mengumumkan keinginannya untuk pensiun. Perusahaan ini sedang menghadapi fakta bahwa penjualan perangkat lunaknya sedang menurun, di tengah menyusutnya penjualan komputer pribadi yang mulai tergerus oleh perangkat tablet.

Juru bicara Microsoft, Frank Shaw, menolak berkomentar tentang kabar pergantian CEO ini. Juru bicara Ford Motor, Jay Cooney, tetap kukuh pada ucapannya sejak beberapa bulan lalu. "Tidak ada perubahan dari apa yang kami katakan pada November lalu. Alan Mulally tetap fokus pada rencana Ford. Kami tidak terlibat dalam spekulasi," ujar Cooney.

Pada pertengahan November 2013, dewan direksi Microsoft menggelar pertemuan untuk mencari CEO baru. Pertemuan itu juga dihadiri pendiri Microsoft, Bill Gates.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com