Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows Phone Mengejutkan di Eropa

Kompas.com - 03/12/2013, 11:30 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Perlahan tapi pasti, upaya Microsoft untuk memajukan sistem operasi mobile Windows Phone mulai menampakkan hasil.

Menurut Kantar Worldpanel, di lima negara besar Eropa, pangsa pasar sistem operasi tersebut telah berhasil menyentuh angka 10,2 persen dari penjualan seluruh smartphone saat ini. Kelima negara itu terdiri dari Jerman, Inggris, Prancis, Italia, dan Spanyol.

Pangsa pasar tersebut meningkat cukup drastis dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Saat itu, seperti dikutip dari PhoneArena, Selasa (3/12/2013), pangsa pasar Windows Phone mencapai 4,8 persen. Nilai tersebut pun mengalami peningkatan dari kuartal lalu yang menyentuh angka 9,2 persen.

Pangsa pasar terbesar Windows Phone terlihat di Italia. Di Negeri Pizza ini, sistem operasi Microsoft ini berhasil mencapai pangsa pasar sebesar 16,1 persen, meningkat dari 11,7 persen di kuartal yang sama tahun lalu.

Sementara, pangsa pasar Windows Phone juga berhasil mencapai double digit di Prancis dan Inggris dengan 12,5 persen dan 11,9 persen. Nilai tersebut melonjak jauh dari 5,1 persen dan 4,6 persen pada tahun lalu.

Menurut Dominic Sunnebo, Strategic Insight Director Kantar Worldpanel, meningkatnya pangsa pasar Windows Phone lebih banyak disebabkan oleh beredarnya perangkat dengan harga terjangkau.

"Momentum untuk Windows Phone terus berlanjut, meskipun pertumbuhannya tergantung pada perangkat low-end. Di Inggris, nyaris tiga perempat perangkat Nokia Lumia yang dijual di periode terbaru adalah perangkat low-end, seperti Lumia 520 dan 620 - sebuah pola yang juga terlihat di seluruh pasar Eropa lainnya,"  kata Sunnebo.

Android masih berkuasa

Pemimpin pangsa pasar platform mobile versi Kantar Worldpanel tetap dipegang Android. Di lima negara besar Eropa, Android berhasil mendominasi dengan nilai sebesar 70,9 persen. Nilai tersebut meningkat dari 64,5 persen pada tahun lalu.

Android juga berkuasa di pasaran Amerika Serikat dengan nilai 52,6 persen, meningkat dari 47,7 persen.

Adapun pangsa pasar sistem operasi buatan Apple, iOS, mengalami penurunan pada periode tersebut, meskipun tidak terlalu signifikan.

Sebagai contoh, di wilayah AS, pangsa pasar mereka menurun menjadi 40,8 persen dari 47,2 persen pada tahun lalu. Di wilayah Eropa, pangsa pasarnya juga berkurang, dari 20,8 persen, menjadi 15,8 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com