Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2017, Smartphone Lebih "Cerdas" daripada Manusia?

Kompas.com - 03/12/2013, 15:24 WIB
Namira Daufina

Penulis

KOMPAS.com — Menurut perusahaan riset Gartner, smartphone akan melebihi kepandaian pemiliknya empat atau lima tahun dari sekarang. Diperkirakan, hal ini terwujud pada 2017.

Hal itu disampaikan Carolina Milanesi, Research Vice President Gartner, seperti yang dilansir oleh cellular-news.com.

Milanesi berpendapat, hal itu akan tercapai dengan perkembangan personal cloud. Ini merujuk pada makin banyak dan lengkapnya data seseorang yang tersedia di awan (internet).

Contoh "cerdas"-nya smartphone, ketika ia mendeteksi terjadinya kemacetan luar biasa, perangkat seluler itu akan membangunkan pemiliknya lebih pagi agar bisa menghadiri rapat penting. Tetapi, kalau rapatnya tidak terlalu penting, ia akan mengirimkan permintaan maaf ke rekan kerja pemiliknya.

Semua itu dapat terjadi dengan penggabungan konteks informasi dari kalender, sensor, lokasi, dan data pribadi pemilik perangkat tersebut.

Semua bergantung pada sang Pemilik

Menurut Milanesi, smartphone akan menjadi mata-mata digital bagi pemiliknya. Tetapi, itu hanya mungkin terjadi jika kebutuhan informasi yang dibutuhkan sistem cloud tersebut terpenuhi.

Kepintaran smartphone ini akan bergantung pada sejauh apa isu regulasi dan privasi pemilik, yang tentunya akan berbeda satu dengan yang lainnya berdasarkan tingkatan umur dan geografi si pemilik.

Semakin nyaman seseorang membagi informasi pribadi miliknya, maka akan semakin "pintar" perangkatnya. "Dalam lima tahun ke depan, data yang tersedia tentang diri kita, seperti kesukaan dan ketidaksukaan, lingkungan, hubungan dengan manusia lain, akan digunakan oleh perangkat kita untuk meningkatkan relevansi dan mutu kehidupan," ujar Milanesi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com