Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 8.1 Sudah Kalahkan OS Gratisan Apple

Kompas.com - 03/12/2013, 15:34 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Walau sama-sama baru diperkenalkan, ternyata adopsi pengguna terhadap sistem operasi Windows 8.1 lebih cepat dibanding sistem operasi terbaru Apple yang ditawarkan gratis, Mac OS X 10.9 Mavericks.
 
Windows 8.1 adalah update terbaru dari sistem operasi Windows 8 yang diluncurkan pada Oktober lalu. Update ini gratis dan menawarkan beberapa perbaikan, salah satunya adalah kembalinya tombol Start di desktop.
 
Sebagaimana yang dicatat oleh Net Application, pada bulan November lalu, sistem operasi besutan Microsoft ini menjadi sistem operasi desktop populer kelima.
 
Net Application memantau aktivitas pengguna Internet dan mendeteksi sistem operasi apa yang digunakan untuk browsing.
 
Jumlah pengguna Windows 8.1 di Internet yang direkam Net Application mencapai 2,6 persen dari semua sistem operasi untuk PC dan laptop. Angka ini meningkat dari sebelumnya 1,72 persen pada bulan Oktober dan 0,87 persen di bulan September.
 
Peningkatan tersebut juga turut mendorong Windows 8.1 unggul di atas Mac OS X 10.9 Mavericks sebesar 2,42 persen, dan sedikit di belakang Windows Vista dengan raihan 3,57 persen.
 
Windows 8 sendiri jumlah penggunanya makin berkurang karena banyak yang upgrade ke Windows 8.1. Namun, jika digabungkan, keduanya mencapai pangsa pasar sebesar 9,3 persen, masih jauh dari jumlah pengguna Windows 7 di Internet yang mencapai 46,6 persen dan XP 31,2 persen.
 
Windows XP menyerahkan dominasinya kepada Windows 7 pada Agustus 2012 lalu. Walau Microsoft sudah tidak meneruskan dukungannya terhadap XP pada April lalu, pengguna sistem operasi berumur 12 tahun ini masih tergolong tinggi hingga kini, umumnya bagi pebisnis.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com