Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Advertorial

Teknologi hUMA – HSA Bagian II – Beberapa Fitur Spesial Teknologi hUMA yang Wajib Anda Ketahui

Kompas.com - 03/12/2013, 16:39 WIB
advertorial

Penulis

Perkenalan yang dilakukan oleh AMD akan teknologi hUMA tidaklah dilakukan setengah-setengah. AMD menjabarkan secara detil bagaimana fitur spesial yang ditanamkan pada teknologi masa depan dunia prosesor ini menjadi lebih superior dibanding teknologi prosesor terkini, prosesor quad-core. Di artikel Teknologi hUMA – HSA Bagian I –Mengenal Konsep Dasar Teknologi hUMA kita sudah diperkenalkan dengan definisi dan konsep dasar teknologi terbaru tersebut, ada baiknya Anda membaca dahulu artikel tersebut agar mendapatkan clue guna pemahaman yang lebih baik sebelum kita lanjutkan ke topik yang lebih berat.

Banyak ahli pun setuju bahwa hUMA akan menggeser peran prosesor multi-core yang sebelumnya juga melakukan kudeta pada peran yang dimainkan prosesor single maupun dual-core. Fitur spesial apakah yang ditawarkan oleh teknologi hUMA sehingga mendapatkan rating sedemikian tinggi itu?

Memori Dua Arah yang Terkoordinasi

Dengan memori dua arah yang saling bertautan, maka segala jenis proses komputasi yang dilakukan oleh salah satu prosesor (entah itu GPU maupun CPU) akan segera diketahui oleh prosesor lainnya. Hal ini membuat kedua prosesor dapat menangkap segala jenis elemen yang dikomputasi “rekannya” secara up-to-date yang sistematis.

Keberadaan sistem yang saling bertautan ini membuat kedua prosesor dapat bekerja secara dinamis untuk menyelesaikan komputasi secara efisien. Tidak ada lagi saling menunggu tugas ketika melakukan komputasinya.

Memori yang Terpetakan Bagi GPU

Memori yang dikenal oleh prosesor dibagi menjadi dua, memori fisik dan virtual. Sebelumnya, GPU hanya dapat mengakses memori fisik yang diproses dari memori virtual. Memori virtual sendiri memang nantinya akan ditampilkan pada memori fisik melalui komputasi oleh CPU.

Dengan memori virtual yang terpetakan bagi GPU, nantinya GPU pun dapat mengakses memori virtual, walaupun belum ter-interpretasi pada memori fisik. Dengan demikian, GPU tidak lagi dibatasi dengan akses pada memori fisik yang mengunci info dari memori virtual.

Sharing Kapasitas Memori

Kapasitas memori yang cukup besar tersedia pada memori virtual. Tanpa kehadiran hUMA, GPU tidak dapat mengakses memori virtual. Namun, dengan kehadiran hUMA, kini tidak ada lagi batas yang membuat kinerja kedua prosesor tersebut dilimit. Dengan demikian, kedua prosesor ini dapat mengakses secara keseluruhan kapasitas memori yang tersedia pada sistem. Hal ini membuat kapasitas kerja kedua prosesor juga bertambah.

Tiga fitur kunci tersebut menawarkan proses kerja komputasi yang saling terintegrasi antara GPU dan CPU. Dengan tiga fitur inilah nantinya sistem kerja komputasi pada prosesor akan berubah drastis. Simak lebih lanjut di artikel Teknologi hUMA – HSA Bagian III berikutnya akan membahas mengenai Perbandingan Sistem Kerja Prosesor GPU dan CPU, sebelum dan sesudah mengaplikasikan teknologi hUMA ini. (adv)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com