Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Ingin Sebersih Twitter

Kompas.com - 04/12/2013, 15:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com — Pengguna Facebook memiliki kebiasaan yang beragam. Ada yang suka update status, unggah foto selfie, foto humor viral, mengirim tautan berita, dan sebagainya.

Sebagian orang mungkin merasa terganggu dengan jenis posting-an tersebut. Untuk itu, Facebook berencana membuat News Feed-nya lebih pintar dan bersih dari "sampah" tersebut.

Dikutip dari The Verge, Rabu (4/12/2013), Facebook sedang mendesain algoritma baru untuk News Feed pengguna mobile, dan akan segera diperkenalkan.

Algoritma baru ini dijanjikan oleh Facebook akan menampilkan konten yang berkualitas saja, seperti update berita, hasil skor pertandingan, atau artikel bermutu lain.

Facebook merasa penggunanya lebih butuh asupan berita dan informasi dibanding foto-foto viral dari pihak ketiga. Karena itu, pihaknya akan lebih mempromosikan artikel-artikel berita ke pembaca.

News Feed juga akan menampilkan tiga berita yang sama menjadi satu sehingga mempermudah pengguna dalam membaca dan mencerna artikel.

Namun, Facebook juga tidak menghapus artikel yang kurang bermutu begitu saja. Tautan terhadap posting-an seperti itu akan ditampilkan lebih sedikit dan diletakkan lebih di bawah.

Upaya yang dilakukan Facebook ini dilakukan untuk bersaing dengan Twitter. Jejaring sosial itu oleh penggunanya dianggap lebih mudah dijadikan sebagai sumber tautan berita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com