Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Kedua Terbesar di KakaoTalk

Kompas.com - 04/12/2013, 16:26 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Vice President Global Business Development Kakao Corp. Yujin Sohn (kanan) dan Associate Director Marketing McDonald's Indonesia Caroline Kurniadjaja dalam acara perkenalan fitur Plus Friend Kakao Talk di restoran McDonald's Sarinah, Jakarta, Rabu (4/12/2013)

KOMPAS.com - KakaoTalk baru resmi meramaikan persaingan aplikasi pesan instan di Indonesia mulai tahun ini. Namun, pemain aplikasi chat asal dari Korea Selatan tersebut mengklaim telah mencatat pertumbuhan jumlah pengguna yang luar biasa.

"Sejak iklan TV kami mulai mengudara pada April lalu, jumlah pengguna tumbuh hingga 3.000 persen," ujar Vice President Global Business Development Kakao Corp, Yujin Sohn, usai perkenalan fitur Plus Friend Kakao Talk di Jakarta, Rabu (4/12/2013).

Ditambahkan oleh Sohn, jumlah pengguna Kakao Talk di Indonesia per November 2013 telah mencapai angka 13 juta.

Indonesia pun menggeser posisi Jepang sebagai pasar terbesar kedua KakaoTalk. "Hingga November kemarin posisi kedua masih dipegang Jepang, tapi kini sudah beralih ke Indonesia."

Adapun pasar terbesar Kakao Talk adalah negara asalnya sendiri, yaitu Korea Selatan dengan angka pengguna di kisaran 70 juta.

Hingga November lalu, jumlah pengguna Kakao Talk di seluruh dunia disebutkan telah mencapai 120 juta. Layanan pesan instan ini setiap harinya memproses 5,2 miliar pesan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com