Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Beda Galaxy Note 10.1 Lama dan Edisi 2014

Kompas.com - 06/12/2013, 14:30 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung resmi merilis tablet berbasis Android terbarunya, Galaxy Note 10.1 Edisi 2014, di Indonesia, Kamis (5/12/2013).

Tablet tersebut sebenarnya adalah generasi penerus dari produk bernama Galaxy Note 10.1. Hadir sebagai generasi penerus, tentunya Galaxy Note 10.1 Edisi 2014 datang dengan membawa berbagai perubahan. Apa saja?

Menurut Diana Djohor, Product Marketing Manager Samsung Indonesia, setidaknya ada tiga hal yang membedakan produk baru dan lama tersebut. Ketiganya datang dari segi layar, desain, dan S Pen.

Layar

Galaxy Note generasi pertama dan kedua memang sama-sama menggunakan bentang layar yang sama, yaitu 10.1 inci. Namun, dukungan resolusi dan juga jenis layar yang digunakan sama sekali berbeda.

Galaxy Note 10.1 baru menggunakan layar berjenis Super clear LCD. Layar tersebut mendukung resolusi yang cukup tinggi, yaitu sebesar 2.560 x 1.600 piksel. Rasio layar yang didukungnya adalah 16:10.

Sementara, Galaxy Note 10.1 edisi sebelumnya menggunakan layar PLS yang mendukung resolusi yang lebih rendah, yaitu 1.280 x 800 piksel.

"(Galaxy Note 10.1 versi 2014) Menggunakan rasio 16:10, semua video akan terlihat secara utuh, tanpa ada yang terpotong," tutur Diana kepada KompasTekno.

Desain

Dari segi desain, Galaxy Note 10.1 Edisi 2014 dan generasi pertama memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Masih menurut Diana, Galaxy Note 10.1 edisi baru ini mengikuti desain dari Galaxy Note 3. Pada casing bagian belakang, Samsung menggunakan bahan mirip kulit, lengkap dengan pola jahitan di bagian ujung-ujungnya.

Sedangkan Galaxy 10.1 edisi pertama memiliki casing yang secara keseluruhan berbahan plastik.

"Galaxy Note 10.1 edisi 2014 juga lebih kecil, ringan, dan tipis dibandingkan generasi sebelumnya," ujar Diana.

S Pen

Pen stylus S Pen di Galaxy Note 10.1 Edisi 2014 diklaim lebih baik dari produk di generasi sebelumnya. Samsung juga menambah beberapa fitur untuk mendukung penggunaan S Pen-nya ini.

Salah satu fitur barunya dinamakan Scrapbook. Dengan fitur ini, pengguna dapat menandai bagian yang menarik atau penting, dan memindahkannya ke sebuah halaman baru. Kemudian, pengguna dapat mengorganisir bagian-bagian tersebut layaknya sebuah Scrapbook.

Samsung juga memperbarui aplikasi S Note, aplikasi pembuat catatan yang selalu hadir di Galaxy Note. Aplikasi ini dapat menyimpan tulisan tangan atau gambar yang dibuat dengan menggunakan S Pen.

Di aplikasi baru ini, pengguna akan menemukan desain aplikasi yang diklaim lebih intuitif dan mudah digunakan. Pengguna pun dapat membuat berbagai chart atau grafik di aplikasi versi baru tersebut.

Galaxy Note 10.1 Edisi 2014 sendiri dipersenjatai dengan prosesor Exynos 1,9 GHz octa-core, RAM 3 GB, kamera belakang 8 megapiksel dengan lampu flash, dan baterai 8.220 mAh.

Produk tersebut dibanderol dengan harga Rp 8 juta di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com