Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nostalgia Star Wars Lewat Permainan 8-Bit Disney

Kompas.com - 07/12/2013, 20:34 WIB
Namira Daufina

Penulis

Sumber Wired
KOMPAS.com - Setelah resmi mengakuisisi LucasFilm tahun lalu, Disney resmi merilis mobile game terbarunya, Tiny Death Star pada November 2013.

Game ini merupakan pengembangan dari Tiny Tower, sebuah game simulasi bisnis yang menempatkan pemain sebagai pengelola sebuah gedung dengan berbagai penghuni dan bisnis di dalamnya.

Sama seperti Tiny Tower, yang menggunakan estetika ala 8-bit, Tiny Death Star hadir dengan warna-warna terang dan pixel yang besar. 

Seperti yang ditulis oleh Wired, Jon-Paul Dumont, Studio Director Disney Mobile Palo Alto, mengadaptasi tampilan Star Wars ke 8-bit adalah proses yang memakan waktu bolak-balik antara NimbleBit (pengembang game ini) dengan LucasArts dan LucasFilms.

Jelas ini bukan pekerjaan mudah, Dumont mengatakan mereka harus memastikan segalanya benar hingga ke detail. Misalnya, memastikan bagaimana bentuk pipi Leia, atau warna kuping Yoda.

Dipimpin oleh Darth Vader

Pada permainan ini pemain akan ditugaskan oleh Darth Vader dan Emperor Palpatine untuk membangun Death Star. Tepatnya, bagian dari Death Star yang terdiri dari pemukiman dan berbagai macam toko serta fasilitas lainnya, ala Tiny Tower.

Tujuan permainan ini adalah menghasilkan kredit dan Imperial Bux sehingga Darth Vader dan Emperor dapat membangun Death Star yang baru, melawan para Rebel dan mengambil alih dunia.

Menurut Dumont, permainan ini akan mengajak pemain nostalgia yang berlipat. Pertama, nostalgia menonton filmnya dan yang kedua, nostalgia gaya permainan tahun 80-an.

Tiny Death Star dapat diunduh pada tautan-tautan berikut ini:
iOS : https://itunes.apple.com/us/app/star-wars-tiny-death-star/id663576850?mt=8Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lucasarts.tinydeathstar_goo&hl=en
Windows Phone: http://www.windowsphone.com/en-us/store/app/star-wars-tiny-death-star/ed04c1b1-f34e-40e0-b997-67cbac8d0ad5

Selamat bernostalgia!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Wired
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com