Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel dan Tablet Tingkatkan Belanja Iklan

Kompas.com - 09/12/2013, 14:16 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Belanja iklan global diprediksi terus tumbuh karena didorong oleh banyaknya permintaan untuk melakukan pemasaran produk atau jasa di perangkat mobile, seperti ponsel pintar dan tablet.

Perusahaan periklanan terbesar ketiga di dunia dari sisi penjualan, ZenithOptimedia memproyeksi, belanja iklan global pada tahun ini akan meningkat sebesar 3,6 persen.

ZenithOptimedia menyusun prediksi belanja iklan tersebut dengan menggabungkan data dari pemilik media dan biro iklan di 80 negara.

Tahun depan, ZenithOptimedia memprediksi belanja iklan akan meningkat 5,3 persen, lalu terus meningkat jadi 5,8 persen pada 2015 dan 2016.

Peningkatan belanja iklan salah satunya didorong oleh semakin maraknya pemakaian perangkat mobile. “Teknologi mobile menciptakan peluang baru bagi pengiklan untuk berhubungan dengan konsumen,” kata Steve King, CEO ZenithOptimedia seperti dikutip dari Reuters.

Perusahaan memprediksi perangkat mobile akan memberi kontribusi 36 persen dari belanja iklan antara tahun 2013 hingga 2016. Acara besar semacam Olimpiade dan Piala Dunia tahun 2014, akan menjadi momentum tepat bagi pengiklan untuk memasarkan produknya.

“Dipadu dengan pertumbuhan konsumen usia muda, serta pasar yang dinamis, hal ini akan memacu pertumbuhan yang sehat dan berkelanjutan dalam belanja iklan global selama tiga tahun ke depan,” lanjutnya.

Salah satu perusahaan periklanan terbesar di dunia, GroupM, juga memprediksi pertumbuhan belanja iklan di seluruh dunia yang mencapai 508 miliar dollar AS pada 2013, meningkat 3,3 persen dibandingkan belanja iklan 2012.

Sementara pada tahun 2014, GroupM memprediksi belanja iklan akan tumbuh 4,6 persen menjadi 531 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com