Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tombol Start Windows Diyakini Akan Kembali

Kompas.com - 10/12/2013, 08:44 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Banyak yang kecewa dengan sistem operasi Microsoft Windows 8. Salah satu kekecewaan tersebut adalah hilangnya tombol Start Menu yang telah melegenda.

Microsoft mencoba mengobati kekecewaan fans Windows dengan update Windows 8.1. Tombol Start Menu memang dihadirkan kembali, namun fungsinya tidak seperti tombol Start Menu seperti biasanya.

Kini, Microsoft sedang berencana mengembalikan tombol Start Menu di sistem operasi WIndows yang akan dibuat selanjutnya. Dalam situs winsupersite.com (9/12/2013), pengamat Microsoft, Paul Thurrot mengatakan bahwa Microsoft sedang mempersiapkan Windows 8.x yang akan menyatukan pengalaman pengguna di perangkat Windows 8.x, Windows Phone, dan Xbox.

Ide dibalik penyatuan ini adalah, dengan memiliki satu akar Windows yang sama, tak peduli  perangkatnya, maka pengembang bisa membuat aplikasi dan menyebarkannya secara luas.

Proyek yang disebut dengan Windows "Treshold" ini akan dirilis dalam tiga versi, yaitu OS yang fokus ke konsumer, mirip dengan Windows RT saat ini, OS yang fokus ke konsumer tradisional berbasis codebase x86 dan Enterprise.

Treshold yang disebut-sebut sebagai "The next generation of Windows" ini memiliki dua perubahan yang cukup signifikan. Pertama, pengguna bisa menjalankan Metro apps secara opsional di floating windows di desktop.

Dan yang kedua, Microsoft akan mengembalikan Start Menu kembali tersedia sebagai pilihan. Kemungkinan fitur ini hanya akan ada di produk Windows yang mendukung desktop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com