Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paten Smartphone Lengkung Resmi Milik Apple

Kompas.com - 11/12/2013, 11:37 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET
Apple iPhone 5S dan iPhone 5C

KOMPAS.com — Apple agaknya memang sedang melirik smartphone berbentuk melengkung. Produsen iPhone ini pada Selasa 10/12/2013) memperoleh paten atas teknologi bernama "curved touch sensor" dari Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO).

Seperti dilansir oleh Cnet, paten tersebut menjabarkan teknologi untuk membuat layar melengkung dengan kapabilitas touchscreen. Sensor layar sentuh yang ada saat ini biasanya sangat tipis dan rentan rusak ketika harus ditekuk.

Nah, menurut keterangan dalam dokumen paten, Apple telah menemukan cara untuk mencegah hal tersebut. Sensor pada layar pun bisa dibuat lebih tipis dibandingkan desain konvensional, di samping memiliki sensitivitas yang lebih tinggi.

Apple/ USPTO
Keterangan proses membuat layar touchscreen melengkung dalam dokumen paten Apple

Teknologi layar sentuh melengkung dari Apple ini sepintas terdengar cocok untuk smartphone, tetapi tak menutup pula kemungkinan untuk diterapkan di perangkat lain, seperti touchpad dan mouse.

Dua produsen smartphone asal Korea, yaitu Samsung dan LG, telah lebih dulu mengembangkan teknologi layar melengkung dan menggunakannya di produk smartphone masing-masing.

Layar melengkung antara lain dipercaya mampu meningkatkan kualitas tampilan dan terasa lebih nyaman di dalam genggaman tangan. Galaxy Round dari Samsung pun melengkung di sumbu horizontal, sementara LG G Flex mengambil sumbu vertikal dan memiliki fitur "menyembuhkan diri" untuk menghilangkan goresan dalam beberapa detik.

Apple sendiri sebelumnya memang sempat dikabarkan bakal segera mengadopsi teknologi layar melengkung pada smartphone andalan berikutnya, iPhone 6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com