Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Firefox di Android Kini Tak Cuma Bisa "Googling"

Kompas.com - 12/12/2013, 10:09 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Android memang memiliki aplikasi browser bawaan sendiri. Meski demikian, browser-browser populer juga turut membuat aplikasi versi mobilenya, seperti Chrome, Opera, dan Firefox.

Bagi pengguna Firefox, Mozilla baru-baru ini meng-update browser versi mobile mereka untuk Android. Dikutip dari Techcrunch, Rabu (11/12/2013), browser Firefox mendapat pembaruan Home Screen.

Kini di home screen terdapat akses cepat untuk membuka halaman-halaman situs web yang sering dikunjungi. "History" dan "bookmark" juga lebih gampang diakses.

Tak lupa Mozilla juga menambahkan fitur Reading List agar membaca teks di browser menjadi lebih nyaman.

"Homescreen baru Mozilla ini dibuat untuk memberikan pengalaman browsing yang mengalir dan lebih cepat," ujar pernyataan resmi Mozilla.

Browser baru ini diperkenalkan Oktober lalu dalam versi Beta, dan Mozilla mengklaim telah mendapatkan feedback yang positif dan segera merilisnya, baik untuk smartphone maupun tablet.

Password manager milik Firefox kini juga mendukung script-generated password. Namun, satu hal yang belum diperbaiki oleh Mozilla adalah aplikasi Flash yang kadang tidak bisa berjalan di Firefox menggunakan Android 4.4 KitKat.

Selain itu, Mozilla juga memberi pengguna mobile pilihan antara Bing dan Yahoo sebagai situs pencarian. Selama ini pengguna Firefox mobile hanya disuguhi dengan pencarian Google.

Belum jelas apakah Mozilla memiliki kesepakatan profit-sharing dengan Bing dan Yahoo atau tidak.

Sementara update Firefox untuk versi PC di Windows, Mac, dan Linux fokus pada kendala keamanan. Kini aplikasi plug-in seperti Flash, Silverlight, dan QuickTime telah dikunci karena dinilai memiliki risiko keamanan. Semua plug-in yang berbeda dari add-on kini memiliki fitur "click to play" secara default.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com