Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Ubuntu Touch Siap Diproduksi

Kompas.com - 12/12/2013, 11:26 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Perusahaan Canonical yang mengembangkan sistem operasi Ubuntu Touch untuk perangkat mobile, telah menandatangani kesepakatan pertama dengan produsen ponsel yang bersedia mengadopsi Ubuntu Touch.

Pendiri Canonical Mark Shuttleworth, tidak menyebut produsen apa yang akan membuat ponsel berbasis Ubuntu. Namun yang jelas, ia menjanjikan ponsel tersebut terbilang kategori premium dan akan dipasarkan pada 2014.

“Kami telah membuat kesepakatan pertama kami untuk mengapalkan ponsel Ubuntu. Itu memiliki dampak besar untuk tim kami,” kata Shuttleworth, seperti dikutip dari CNet, Rabu (11/12/2013).

Canonical punya pengalaman mengembangkan Ubuntu untuk komputer pribadi. Namun, di kancah mobile, Ubuntu Touch harus bersaing dengan Android buatan Google dan iOS buatan Apple.

Shuttleworth menyadari di hadapannya ada pemain besar, belum lagi Canonical harus menghadapi Windows Phone buatan Microsoft, Firefox OS dari Mozilla, dan Tizen yang dikembangkan Intel dan Samsung.

Ia yakin Ubuntu Touch akan mendapat perhatian karena didasarkan atas pemrograman yang fleksibel serta tampilan antarmuka yang baik. Ia tak ingin Ubuntu Touch hanya mendapatkan ceruk kecil dari pasar ponsel.

Untuk merealisasikan hal itu, Canonical telah menjalin kerjasama dengan perusahaan teknologi berbasis internet, seperti LinkedIn, Facebook, Evernote, Baidu, dan Pinterest. Mereka diminta membuat aplikasi untuk Ubuntu Touch.

Canonical juga mendapat dukungan dari operator telekomunikasi besar, seperti Vodafone, 3, EE, KT, SK Telecom, Verizon, Deutsche Telecom, T-Mobile, dan masih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com