Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Sediakan Jasa Pindahan Gmail

Kompas.com - 13/12/2013, 10:06 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Microsoft telah merombak layanan e-mail miliknya, Hotmail sejak satu tahun yang lalu. Microsoft kemudian meluncurkan layanan e-mail dengan nama baru, Outlook.com lengkap dengan tampilan modern.

Tujuan Microsoft memperkenalkan Outlook.com adalah untuk menarik kembali pengguna yang telah lama menggunakan Hotmail dan beralih ke Gmail.

Gmail besutan Google memang telah menjadi rival Microsoft sejak lama. Baik Outlook dan Gmail, keduanya saat ini memiliki ratusan juta pengguna.

Kadang kala, beralih ke akun e-mail lain sangat merepotkan pengguna, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan settingan POP atau IMAP. Untuk itulah Microsoft memperkenalkan "jasa pindahan" alias tool migrasi yang dibuat untuk mempermudah pengguna beralih ke akun Outlook.com.

Seperti dilansir dari ZDNet, Rabu, (11/12/2013), dengan layanan migrasi tersebut, pengguna cukup menghubungkan akun Gmail yang dimiliki sekarang melalui protokol OAuth yang aman, lalu menyalin semua pesan dari Gmail ke Outlook.com. Semua dikerjakan secara otomatis.

Proses migrasi tersebut didesain Microsoft dengan cukup pintar. Layanan tersebut bisa mengenali e-mail mana yang sudah dibaca dan yang belum yang berada dalam folder Ibox. Satu-satunya langkah manual yang perlu dilakukan pengguna adalah mengatur agar setiap e-mail yang dikirim ke akun Gmail akan diteruskan secara otomatis ke akun Outlook.com.

Apakah iming-iming kemudahan ini akan menggiring pengguna Gmail beralih ke Outlook.com?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com