Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

COO Qualcomm Dilirik Jadi Bos Microsoft

Kompas.com - 13/12/2013, 15:14 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Pencarian orang nomor satu di Microsoft terus berlanjut. Setelah kandidat dari CEO Ford, Alan Mullaly menyatakan tidak tertarik, kini Microsoft memunculkan nama baru, Steve Mollenkopf, Chief Operating Officer dari Qualcomm.

Dikutip dari situ CNET (13/12/2013), pria berusia 44 tahun tersebut menjadi kandidat yang mulai dipertimbangkan untuk mengisi jabatan yang lowong di Microsoft secepatnya pada akhir tahun ini.

Sebagai COO salah satu pembuat chip terbesar di dunia, Mollenkopf dianggap Microsoft memiliki latar belakang yang kuat di bidang teknologi. Mollenkopf bertanggung jawab atas divisi Qualcomm, operasi bisnis, ekspansi pasar, dan pengembangan. Selain itu, ia juga aktif terlibat dalam pengembangan teknologi masa depan dan merancang strategi perusahan di kancah global.

Strategi mengangkat COO Qualcomm mungkin dirasa sesuai untuk Microsoft, sebab salah satu fokus perusahaan di masa mendatang adalah di pasar smartphone. Microsoft akan berusaha lebih kompetitif lagi di pasar smartphone dengan perangkat Windows Phone-nya. Microsoft merasa perlu mengangkat seseorang yang tahu seluk beluk dunia smartphone.

Penunjukkan Mollenkopf tersebut diajukan oleh komite khusus yang dibuat oleh direksi Microsoft. Bersama dengan pemegang saham Microsoft, komite tersebut telah mengumpulkan beberapa nama sebagai penerus pucuk pimpinan Microsoft.

Nama lain yang muncul sebagai kandidat kuat adalah mantan CEO Nokia, Stephen Ellop; Executive VO Microsoft, Tony Bates; serta pimpinan Microsoft Cloud and Enterprise, Saya Nadella.

Steve Ballmer akan segera melepas jabatannya di Microsoft, mungkin dalam beberapa bulan lagi. Rumor yang beredar bahkan menyebut Ballmer akan pergi di akhir 2013.

Ballmer telah memimpin Microsoft selama 13 tahun. Pada Agustus lalu, Ballmer mengumumkan akan mengundurkan diri begitu Microsoft menemukan penggantinya yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com