Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Augmented Reality Indonesia Unjuk Gigi di Vietnam

Kompas.com - 16/12/2013, 16:05 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - AR&Co., perusahaan teknologi asal Indonesia kembali menyelenggarakan pameran teknologi ARTX Asia (Augmented Reality and Tehcnology Xperience) setelah kesuksesan dalam penyelenggaraan tahun sebelumnya di Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

ARTX Asia merupakan pameran teknologi augmented reality pertama di Asia yang juga membawa teknologi-teknologi interaktif lainnya. Tujuannya selain memperlihatkan potensi teknologi dalam berbagai terapan adalah untuk membawa nama Indonesia di bidang teknologi ke dunia internasional.

Dimulai dari tanah air Indonesia, di tahun yang kedua ini ARTX Asia diselenggarakan di Hanoi, Vietnam. Hal ini ingin membuktikan bahwa Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain dalam kemajuan teknologi.

Pada penyelenggaraan ARTX Asia 2012, selain pameran juga diadakan kompetisi pembuatan teknologi augmented reality dan seminar seputar teknologi dengan mengundang pembicara dari Kompas, WIR, dan AR&Co.

Kali ini, bekerja sama dengan Vietnam National University dan didukung oleh MyAppzil serta AIC Group, ARTX Asia dilaksanakan pada tangggal 28 November 2013 di areal kampus universitas terbesar negara tersebut.

Dengan adanya pameran teknologi pada areal kampus diharapkan dapat menjadi motor pendorong kemauan pengunjung untuk memajukan teknologi di lingkungan mereka.

AR and Co
Nguyen Quan, Menteri Sains dan Teknologi Vietnam dan Prof.Dr. Phung Xuan Nh?, President of Vietnam National University, Hanoi (VNU) menyaksikan demonstrasi teknologi Augmented Reality di ARTX Asia 2013, Vietnam National University, Hanoi.
Teknologi augmented reality dalam bentuk implementasi face tracking, education book, game, brochure, dan mobile phone memberikan pengalaman yang menarik kepada pengunjung mayoritas masyarakat Vietnam karena merupakan hal yang baru bagi mereka.

Tidak berhenti di situ saja, ARTX Asia 2013 kedatangan beberapa tamu spesial seperti Nguyen Quan, Menteri Sains dan Teknologi Vietnam; Prof.Dr. Phùng Xuân Nh?, Ketua Dewan dan Presiden Vietnam National University; Prof. Nguyen Huu Duc, Wakil Presiden Vietnam National University; Phan Xuan Dung, Ketua Komisi Sains, Teknologi dan Lingkungan; Tran Quang Quy, Wakil Menteri Pendidikan dan Pelatihan, dan Nguyen Thai Lai, Wakil Menteri Sumberdaya Alam dan Lingkungan yang juga terkesan dengan teknologi-teknologi yang ada.

Total pengunjung ARTX Asia selama satu hari menembus angka 1.000 pengunjung. Yonatan Christian, Creative Director AR&Co. menyatakan sangat terkesan dengan hasil yang diperoleh ARTX Asia dan sangat optimis untuk kembali membawa nama Indonesia di kancah internasional dengan pameran teknologi ARTX Asia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com