Twitter Uji Coba Fitur Baru - Kompas.com

Twitter Uji Coba Fitur Baru

Reska K. Nistanto
Kompas.com - 17/12/2013, 11:13 WIB
Twitter mengembalikan sistem pemblokiran setelah mendapat banyak masukan.

KOMPAS.com - Setelah melakukan pembaruan tampilan dan fitur berkirim foto melalui direct message (DM), Twitter kembali bereksperimen membuat fitur yang bisa digunakan untuk melihat siapa saja yang "berkicau" di sekitar penggunanya. Fitur ini sepintas mengingatkan fitur salah satu penyedia layanan instant messaging.

Dilansir The Verge, Sabtu (14/12/2013), beberapa pengguna aplikasi mobile Twitter di Amerika Serikat (AS) mengabarkan bahwa mereka bisa melihat timeline baru yang berada di sekitar mereka, selain timeline milik sendiri.

Sebelumnya Twitter belum pernah menguji coba layanan berbasis lokasi. Bahkan, fitur lokasi yang dalam Twitter secara default non-aktif di perangkat mobile.

Twitter berharap penggunanya bisa melihat dan membaca apa yang sedang terjadi di sekitar mereka dengan nyaman dan cepat, secara langsung, dengan asumsi banyak yang mengaktifkan fitur ini.

Timeline ini akan muncul secara otomatis, bahkan jika pengguna tidak menjadi follower akun tersebut. Bagian atas timeline akan menunjukkan peta dengan titik biru memendar yang menunjukkan lokasi pengguna, dan akun lain di sekitarnya. Bagian bawah timeline menampilkan tweet yang berasal dari sekitarnya.

Dengan melakukan klik satu titik biru di peta, akan memunculkan timeline akun tersebut. Saat pengguna berjalan sekeliling juga akan memunculkan foto-foto yang berada di sekitar mereka. Tentunya ini bisa dimanfaatkan Twitter untuk menjual fitur tersebut ke pengiklan. Namun, Twitter juga perlu berhati-hati dengan masalah privasi.

Hingga kini Twitter belum memberi konfirmasi, mereka hanya menjawab diplomatis bahwa perusahaan selalu menguji coba berbagai fitur melalui program Twitter Experiments.

PenulisReska K. Nistanto
EditorReza Wahyudi
SumberThe Verge

Komentar