Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Boyong Duo Ultrabook "360 Derajat" ke Indonesia

Kompas.com - 18/12/2013, 18:25 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lenovo menambah dua anggota baru keluarga komputer jinjing seri Yoga di Indonesia, Rabu (18/12/2013). Dua laptop hybrid seri baru tersebut adalah Yoga 2 Pro dan ThinkPad Yoga.

Keduanya merupakan perpaduan antara ultrabook dan tablet. Keunikan dari seri ini, pengguna bisa memutar layar monitor hingga 360 derajat dan menjadikan perangkat tersebut sebagai tablet.

Perbedaan di antara Yoga 2 Pro dan ThinkPad Yoga terletak pada segmen dan fitur keamanannya. ThinkPad Yoga ditujukkan untuk kelas bisnis, sementara Yoga 2 Pro lebih disasar untuk kelas konsumer.

"Yoga 2 Pro lebih ditujukan untuk kelas konsumer. Produk lebih memiliki desain yang menarik dan appealing. Sementara, ThinkPad Yoga lebih ditujukkan bagi orang yang ingin mencari performa," kata Fransisca Maya, Marketing Communications Manager, di acara peluncuran kedua produk tersebut di Jakarta.

ThinkPad Yoga

Dari segi desain, ThinkPad Yoga memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dari seri ThinkPad lainnya. Ia pun dilengkapi dengan Trackpoint, tombol pointer mouse khas produk Thinkpad.

ThinkPad Yoga memiliki layar sentuh IPS berukuran 12,5 inci yang mendukung resolusi 1.366 x 768 piksel. Layar tersebut dilindungi kaca anti-pecah buatan Corning, Gorilla Glass.

Keyboard dari perangkat ini memiliki sebuah fitur unik yang dinamakan Lift and Lock. Apabila pengguna memutar layar monitor hingga 360 derajat, tuts yang ada di keyboard akan otomatis masuk dan terkunci.

"Tuts keyboard akan rata," kata Azis Wonosari, Manager Teknik Lenovo Indonesia.

ThinkPad Yoga akan akan hadir dengan beberapa pilihan spesifikasi hardware. Perangkat teratas akan dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i7-4500U 3 GHz, RAM 8 GB, hard disk 1 TB atau SSD 256 GB, dan Intel HD Graphics 4400. Perangkat ini akan berjalan di sistem operasi terbaru Microsoft, Windows 8.1.

Untuk konektivitas, tersedia 2 port USB 3.0, mini HDMI, jack audio 3,5mm, dan konektivitas nirkabel WiFi. Baterainya diklaim bisa bertahan hingga 8 jam.

Azis juga mengungkapkan, produk tersebut sudah dilengkapi dengan chip keamanan khusus. Chip tersebut dapat mengenkripsi data yang ada di media penyimpanan.

ThinkPad Yoga sendiri sudah tersedia di pasaran dengan harga mulai dari Rp 20 juta.

Yoga 2 Pro

Produk ini memiliki layar sedikit lebih besar dari ThinkPad Yoga. Ia dipersenjatai layar 13,3 inci yang mendukung resolusi cukup tinggi, yaitu 3.200 x 1.800 piksel. Selain itu, layar tersebut memiliki sudut pandang 178 derajat, untuk jangkauan pandang yang lebih luas.

Lenovo mengklaim, produk ini lebih langsing dan lebih ringan dari pendahulunya, yaitu hanya 15,5 milimeter dan 1,39 kilogram.

Dari segi spesifikasi hardware, Yoga 2 Pro dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i7-4500U, RAM 8 GB, dan media penyimpanan SSD berkapasitas hingga 512 GB.

Perangkat ini sendiri berjalan di sistem operasi Windows 8.1.

Yoga 2 Pro juga sudah hadir di pasaran Indonesia dengan harga mulai dari Rp 16,1 juta.

Lenovo
Yoga Pro 2
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com