Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Februari, Samsung Perkenalkan Ponsel Tizen

Kompas.com - 22/12/2013, 09:11 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com - Selama ini Samsung memiliki portfolio ponsel pintar Android yang paling banyak, mulai dari ponsel pintar dengan spesifikasi rendah hingga tinggi. Namun, Samsung ternyata tak ingin bergantung selamanya pada Android. Perusahaan Korea Selatan itu sedang mengembangkan sistem operasinya sendiri yang diberi nama Tizen.

Tak banyak konsumen yang tahu tentang sistem operasi Tizen. Samsung mulanya menjanjikan akan memperkenalkan Tizen pada awal 2013, namun kehadirannya ditunda hingga akhir 2013. Hingga akhir tahun pun, Samsung tak kunjung memperkenalkan ponsel Tizen.

Menurut laporan IT News (18/12/2013) dari sumber terpercaya, Samsung dikabarkan berencana memperkenalkan ponsel pintar Tizen pada Februari tahun depan, di ajang Mobile World Congress (MWC) 2014.

Perlahan tapi pasti, Samsung tidak hanya mengandalkan platform Android saja. Tizen juga akan menjadi ponsel pintar andalan Samsung di masa mendatang.

Dikutip dari BGR, para analis percaya jika Samsung ingin melakukan gebrakan di pasar ponsel pintar, maka momen dengan Tizen dinilai tepat. "Sederhana saja jika ingin melakukan gebrakan, Samsung hanya perlu menunjukkan perangkat komersialnya di Mobile World Congress," ujar analis Geoff Blaber, Vice President CCS Insight. .

Platform Tizen telah mendapat dukungan dari banyak mitra. Selain Samsung, Intel, dan Linux Foundation sebagai motor pengembangnya, terdapat vendor-vendor besar lain seperti Fujitsu, Huawei, dan Docomo, yang berkomitmen mendukung Tizen.

OS Tizen dijanjikan akan menjadi platform sistem operasi yang paling terbuka dan komprehensif, tidak ada fitur atau aplikasi yang diwajibkan harus ada di dalam ponsel pintar. Vendor ponsel pintar bebas menambahkan apa saja sesuai kebutuhan pengguna, di wilayah masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com