Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry 10 Kalah Laku dari BlackBerry 7

Kompas.com - 22/12/2013, 18:33 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechCrunch
BlackBerry Q10 (kiri) dan BlackBerry Q5 (kanan)

KOMPAS.com - Menjelang ulang tahun pertama, perangkat-perangkat BlackBerry 10 masih belum bisa memberi kontribusi sebanding dengan platform BlackBerry 7 yang digantikannya.

Seperti dikutip dari TechCrunch, berdasarkan laporan keuangan kuartal fiskal ke-3 2014 BlackBerry yang diumumkan Jumat (20/12/2013) kemarin, perusahaan itu mencatat penjualan 4,3 juta smartphone ke konsumen akhir.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 3,2 juta merupakan produk BlackBerry 7. Dengan kata lain, BlackBerry 10 hanya menyumbang 1,1 juta unit atau tak sampai separuh dari total penjualan di kuartal ke-3.

BlackBerry sendiri kembali mengalami kerugian yang di kuartal ini tercatat sebesar 4,4 miliar dollar AS setelah disesuaikan dengan standar GAAP, termasuk penurunan nilai buku sebesar 1,6 miliar dollar AS. Nilai tersebut jauh lebih besar dibandingkan kerugian 965 juta dollar AS di kuartal sebelumnya.

Produsen smartphone asal Kanada ini juga telah berhenti merilis keterangan jumlah pelanggan yang dimilikinya. Saham BlackBerry anjlok lebih dari 7 persen pada awal perdagangan pukul 7.30 Jumat pagi.

BlackBerry 10 diluncurkan pada akhir Januari 2013, setelah sebelumnya sempat tertunda beberapa kali. Sejauh ini sudah ada empat perangkat yang mengusung sistem operasi terkini dari BlackBerry itu, yaitu BlacKberry Z10, Q10, Q5, dan Z30.

Pada paruh pertama 2014, BlackBerry bakal meluncurkan satu lagi perangkat BlackBerry 10 berkode "Jakarta" yang ditujukan untuk pasar Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com