Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Siapkan Prosesor 18 Core

Kompas.com - 23/12/2013, 16:18 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber VR-Zone
Ilustrasi

KOMPAS.com - Prosesor Intel Xeon terkini (Ivy Bridge-EP) memiliki jumlah core CPU mencapai 12 buah. Chip itu diproduksi dengan proses fabrikasi 22 nanometer.

Ke depannya, pabrikan chip itu sedang mengembangkan prosesor jenis baru berkode nama "Broadwell-EP" dan "Broadwell-EX" yang dibangun dengan proses 14 nanometer. Jumlah core dalam satu prosesor bisa ditingkatkan menjadi 18 buah.

Menurut bocoran slide yang dilansir oleh VR-Zone, chip Broadwell-EP akan diluncurkan pada 2015 dan tersedia dalam dua varian.

Yang pertama adalah versi desktop berkinerja tinggi dengan jumlah core antara 8 hingga 10 buah. Lainnya merupakan versi workstation dengan inti pemrosesan berjumlah 12 hingga 16 buah. Adapun varian dengan 18-core akan datang dari keluarga Broadwell-EX.

Sesuai dengan filosofi "tick-tock" perusahaan tersebut, Intel diperkirakan tidak akan meningkatkan kecepatan core CPU, melainkan hanya menambah jumlahnya dalam tiap kemasan prosesor.

Untuk mengimbangi perkembangan prosesor itu, Intel juga disebut akan memasangkannya dengan RAM berkecepatan tinggi DDR-2400. Jumlah modul memori yang bisa diakses dalam waktu bersamaan mencapai 16 buah.

Prosesor-prosesor tersebut merupakan keluarga Xeon pertama yang dibangun dengan proses fabrikasi 14nm. Waktu peluncurkannya diperkirakan berdekatan dengan acara Intel Developer Forum 2015, pada September tahun depan.

Di sisi lain, konsumsi daya versi konsumer dari Broadwell bisa ditekan hingga 4,5 watt sehingga memungkinkan prosesor tersebut dipasang pada tablet dan perangkat laptop "2-in-1". 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber VR-Zone
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com