Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Juta Perangkat Android Pakai CyanogenMod

Kompas.com - 27/12/2013, 09:36 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Popularitas CyanogenMod malah makin terdongkrak setelah "ditendang" dari Google Play Store. Pembuat sistem operasi Android custom ini mengklaim OS buatannya telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali. CyanogenMod menampilkan angka statistik tersebut dalam websitenya.

Menurut CyanogenMod, ROM Android custom yang paling banyak diunduh adalah CyanogenMod 10.1 yang di dalamnya terdapat update aplikasi-aplikasi paling baru.

Perangkat yang paling banyak digunakan untuk mengunduh aplikasi ini adalah Samsung Galaxy S sebanyak sekitar 510.000 perangkat. Di belakangnya mengikuti Galaxy S II dengan 490.000 perangkat.

Instalasi CyanogenMod juga semakin mudah karena perusahaan menyediakan aplikasi installer-nya.

Tahun 2013 mungkin menjadi tahunnya CyanogenMod. Dikutip dari Cnet, Jumat (27/12/2013) setelah mengumumkan diri menjadi perusahaan sendiri, CyanogenMod juga telah menjalin kerja sama dengan produsen smartphone Oppo. Dengan kerja sama ini, CyanogenMod akan menyediakan sistem operasi yang dibuat terbatas untuk seri Oppo N1.

Dengan statistik yang memuaskan ini, bisa digunakan oleh CyanogenMod sebagai senjata untuk menjalin kerja sama dengan vendor-vendor smartphone lain.

Custom ROM buatan CyanogenMod banyak di-install oleh pengguna Android yang menginginkan performa smartphone-nya menjadi maksimal. Kebanyakan dari mereka kecewa dengan sistem operasi bawaan vendor, seperti aplikasi yang berjalan lambat atau baterai yang cepat terkuras.

Belum lama ini produsen custom ROM tersebut tidak boleh memasang aplikasinya di Google Play Store. Sebab menurut Google, custom ROM buatan CyanogenMod bisa membuat perangkat pengguna kehilangan garansi vendor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com