Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2014, Kamera "Mirrorless" Bakal Makin Populer

Kompas.com - 28/12/2013, 09:38 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Dunia kamera digital mengalami kelesuan dalam beberapa tahun belakang, utamanya segmen non-profesional. Makin canggihnya fitur kamera dalam smartphone diduga sebagai penyebabnya.

Walau berbagai inovasi dan fitur ditanamkan dalam kamera digital, vendor belum bisa menarik minat besar konsumen.

Namun, sikap optimis ditunjukkan oleh Olympus, produsen kamera dari Jepang ini mengatakan bahwa kamera mirrorless akan menuai kepopuleran tahun depan. Olympus memprediksi penjualan kamera tanpa kotak cermin ini akan meningkat. Hal tersebut disampaikan oleh CEO Olympus, Hiroyuki Sasa kepada Bloomberg.

Menurut Sasa, kamera mirrorless Olympus akan meningkat penjualannya hingga 1 juta unit pada April 2014 nanti. Market share-nya sendiri diprediksi mencapai lima persen di seluruh dunia. Jika Olympus mampu mencapai target tersebut, diperkirakan perusahaan akan menangguk untung hingga 68 juta dollar AS.

Bisnis Olympus kini memang menyasar pasar kamera mirrorless premium. Di segmen tersebut, Olympus memiliki lini kamera OM-D E-M1 dan PEN E-P5, serta model lain yang lebih murah. Masih ada pasar bagi segmen mirrorless di segmen premium, yang diharapkan Olympus bisa bersaing dengan Canon dan Nikon.

"Kamera mirrorless kini memiliki kemampuan yang sama dengan kamera DSLR biasa," ujar Sasa.

Dengan pernyataan yang dilontarkan Sasa, mengindikasikan bahwa Olympus masih serius menggarap pasar kamera digital mirrorless. Bisnis kamera sendiri menyumbang untung 14 persen untuk Olympus.

Selain Olympus, produsen kamera digital mirrorless lain adalah Fuji Film, Panasonic, Sony, dan  Canon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com