Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Beli Nokia, Bos NSN Mundur

Kompas.com - 02/01/2014, 08:55 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com — Nokia Group mengumumkan bahwa chairman unit bisnis infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasinya, Nokia Solution and Networks (NSN), akan mengundurkan diri setelah Microsoft membeli unit bisnis ponsel Nokia pada September 2013.

Jesper Ovensen bergabung dengan NSN pada 2011 ketika perusahaan itu masih berstatus perusahaan patungan antara Nokia dan Siemens. Seperti dikutip dari Reuters, pihak Nokia mengatakan, sementara waktu ini Ovensen akan duduk di kursi penasihat bisnis NSN.

Para investor dan pasar mengharapkan rincian lebih lanjut tentang struktur organisasi NSN yang kemungkinan besar akan diumumkan pada kuartal pertama 2014, setelah Microsoft menyelesaikan transaksi akuisisi bisnis ponsel Nokia.

Berdasarkan kesepakatan, Microsoft harus mengeluarkan dana 5 miliar dollar AS untuk membeli bisnis perangkat dan layanan Nokia, serta 2,2 miliar dollar AS untuk lisensi patennya selama 10 tahun. Jika ditotal, maka Microsoft harus merogoh kocek 7,2 miliar dollar AS.

Sekitar 32.000 karyawan Nokia rencananya akan ditransfer ke Microsoft. Sebanyak 18.300 karyawan di antaranya terlibat langsung dalam pembuatan produk ponsel Nokia.

Kini, Nokia Group harus berjuang dari tiga unit bisnis yang tidak dibeli Microsoft. Ketiga unit bisnis itu adalah layanan peta digital dan lokasi (Nokia Here), pengembangan teknologi (Advanced Technologies), serta infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi (Nokia Solutions and Networks).

Sebanyak 56.000 karyawan akan tetap berada di bawah manajemen Nokia Group yang berkantor pusat di Espoo, Finlandia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com