Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Kenalkan TV Lengkung Ultra-HD 105 Inci

Kompas.com - 07/01/2014, 11:59 WIB
Deliusno

Penulis

TV Ultra HD Samsung dengan layar melengkung berukuran 105 inci yang diperkenalkan di CES 2014, Las Vegas, AS, Senin (6/1/2013) waktu setempat
KOMPAS.com - Layar melengkung bukan hanya monopoli gadget mobile saja. Teknologi display ini pun sudah mulai digunakan di perangkat televisi berlayar lebar, seperti model berukuran 105 inci yang diperkenalkan oleh Samsung di ajang teknologi CES, Las Vegas, Amerika Serikat, hari Senin (6/1/2013) waktu setempat.

Produk besutan Samsung ini sekaligus menjadi  TV "Ultra HD" dengan layar lengkung terbesar di dunia.

Resolusi yang didukung termasuk sangat tinggi, yakni 5120 x 2160 dengan aspect ratio 21:9. Dengan ukuran ekstra besar tersebut, lengkungan layarnya jelas terlihat.

Lalu, mengapa harus repot-repot membuat televisi dengan layar melengkung? Menurut Samsung, tipe display ini meningkatkan derajat viewing angle dan tingkat kontras ketika dilihat dari posisi yang berbeda-beda. Dipandang dari sudut manapun, klaim Samsung lagi, tampilan di TV ini akan tetap terlihat bagus.

Samsung pun tak sembarangan membengkokkan layar. Televisi berukuran 105 inci besutan raksasa elektronik Korea ini disebut menerapkan lengkungan optimal "4200R" sehingga memberikan kualitas tampilan terbaik ketika ditonton dari jarak 3 hingga 4 meter.

Rencananya, produk ini akan diluncurkan pada 2014.

Samsung juga menyiapkan keluarga televisi UHD dengan layar melengkung yang berukuran lebih kecil, yaitu U9000 Series Curved TV. Tiga produk yang termasuk dalam seri ini memiliki bentang layar 78, 65, dan 55 inci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com